Bila Tidak Bisa Bicara yang Baik, Maka Diamlah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sahabat, seringkali rasa sakit hati dirasakan seseorang karena adanya perkataan atau perbuatan yang kurang menyenangkan. Dalam kondisi tersebut, boleh jadi orang yang merasa sedih dan sakit hati tidak mengatakan kepada lawan bicaranya. Alhasil akan melahirkan amarah dan kesedihan bagi yang merasakannya. Inilah pelajaran bagi kita untuk selalu berhati-hati dalam berkata atau berbuat. Bahkan dalam islam dianjurkan untuk berbicara yang baik atau diam.

Mungkin sahabat pernah mendengar, lidahmu adalah harimaumu. Apa maksudnya? Lidah ternyata memiliki sifat liar yang sulit dikendalikan dan bisa membahayakan. Boleh jadi, dari lidah yang tak terkendali keluarlah kata-kata yang tak terduga dan akhirnya bisa membuat orang lain sedih, marah, atau kecewa. Perkara menjaga lisan adalah penting bagi umat islam. Karenanya islam melarang manusia untuk berkata sesuka hati, sampai menyakiti lawan bicara dengan cara menjelek-jelekkan, mencaci, menghina, dsb.

Dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjelaskan:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّن قَوْمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُوا۟ خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَآءٌ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا۟ بِٱلْأَلْقَٰبِ ۖ بِئْسَ ٱلِٱسْمُ ٱلْفُسُوقُ بَعْدَ ٱلْإِيمَٰنِ ۚ وَمَن لَّمْ يَتُبْ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Hujurat: 11)

Oleh karena itu, bila kita menyadari tidak mampu untuk berkata yang baik, maka lebih baik diam saja. Seperti kata pepatah, “Silent is golden” artinya diam itu emas. Dengan diam kita jauh lebih bisa mengontrol lidah, sehingga diharapkan bisa menjauhkan dari kata-kata yang tidak bermanfaat apalagi menyakiti hati saudara kita yang lain.

Tiba di hari Jumat, mari kita jemput keberkahannya dengan banyak beramal sholeh. Seperti bersedekah, infaq, dan berzakat. Tunaikan Zakat, Infaq, dan Sedekah sekarang!

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316