Keistimewaan Anak-anak Yatim dalam Islam

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Anak-anak yatim adalah orang-orang pilihan Allah. Takdir karena kehilangan dan ditinggal wafat oleh ayahnya saat masih kecil membuatnya menjadi yatim. Adapun gelar piatu diberikan kepada anak-anak yang ditinggal oleh ibunya.

Kriteria seorang anak disebut yatim, ialah bila ia ditinggal sebelum ia baligh atau dewasa. Sebagaimana dalam hadist disebutkan.

“Tidak lagi disebut yatim anak yang sudah bermimpi (baligh).” (HR. Abu Daud dari Ali bin Abi Thalib). (Sunan Abi Daud, Kitab Al-Washaya No. 2489).

Kesedihan karena ditinggalkan oleh orang tua bukanlah hal yang diharapkan. Karenanya, anak-anak yatim berhak untuk diperhatikan oleh kita semua, seluruh umat islam.

Benar bahwa yatim memiliki kedudukan yang istimewa dalam agama. Bahkan Al-Qur’an secara tegas menganjurkan kepada hamba-hambaNya untuk memelihara, memperhatikan dan mengasihi anak yatim.

Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Foto: Santunan Anak Yatim UCare Indonesia

Secara tegas, memperbaiki hidup anak-anak yatim adalah amal sholeh yang memiliki banyak kemuliaan. Bahkan buah dari berbuat baik atas belas kasih yang dicurahkan kepada anak-anak yatim dapat mengantarkan kepada keberkahan yaitu dapat bersisian, berdampingan, dan bersebelahan dengan Rasulullah di surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. Bukhari)

Menanggung anak-anak yatim di antaranya seperti memberikan makan minumnya, pakaiannya, pendidikannya, keperluan hidupnya, dan lain sebagainya. Sebagai balasannya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala kelak yang akan memberikan kebaikan dan pahala yang tak terbatas, keselamatan, dan keberkahan hidup di dunia juga akhirat.

Jumat berkah, waktu terbaik untuk bersedekah!

Sedekah online di hari jumat berkah lewat transfer mudah ke nomer rekening:

BSI (BSM) 7100 3000 14,

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

BCA 066 327 1960

Bank Muamalat 3050 7000 73

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

BRI 1623 01 000 032 307

A.n UCare Indonesia

Informasi lengkap dan konfirmasi:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles