Keripik Getuk Hasil Pendampingan Usaha dari Ucare Indonesia

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

UCAREINDONESIA.ORG – Mengingat tingginya angka kemiskinan di Kota Bekasi, UCare Indonesia membuat program Cinta Berdaya berupa pendampingan usaha keripik getuk. Dimana program ini diharapkan bisa membantu sekaligus memberdayakan masyarakat, terutama orang yang kurang mampu untuk mengelola dana yang diberikan menjadi sesuatu yang bisa untuk diberdayakan dan bernilai jual. Sehingga kedepannya kesejahteraan masyarakatpun bisa diperoleh dari program Cinta Berdaya Ini.

Ide untuk  membuat Keripik Getuk, makanan yang bersumber dari pangan bernama singkong tentu dipilih berdasarkan banyak pertimbangan. Selain bahan dasarnya yang mudah didapat, singkong adalah jenis umbi yang dikenal oleh masyarakat serta para peneliti memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Seperti baik untuk mata, meningkatkan energi tubuh, dan lainnya. Mudah didapat serta sangat bergizi untuk dikonsumsi.

Bukan hanya diolah menjadi makanan berat, singkong ini juga bisa dijadikan menjadi cemilan. Seperti Keripik Singkong. Namun karena Keripik Singkong ini sudah banyak beredar di pasaran, maka dibuatlah inovasi berupa Keripik Getuk.

Program Cinta Berdaya-Keripik Getuk- ini memiliki target untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin. Dimana kegiatan ini dilaksanan sejak Januari sampai Desember 2019. Dengan orientasi kepada pemberdayaan masyarakat miskin di Kota Bekasi di sektor ekonomi. Hingga saat ini, jumlah penerima manfaatnya adalah 10 orang. Dimana kedepannya diharapkan juga semakin meningkat penghasilannya agar semakin berdaya  dari sisi ekonomi dan terampil dari sisi sosialnya.  

Rincian asnaf penerima manfaat adalah orang miskin dan fisabilillah. Sedangkan frekuensi kegiatan adalah 1x kegiatan dalam satu tahun masa pendampingan.

Indikator Keberhasilan (Output) adalah denga bertambahnya skill dan penghasilan dari 10 orang penerima manfaat serta tersalurkannya modal usaha kepada 10 orang penerima manfaat tersebut.

Adapun Hasil (Outcome) adalah terbantunya 10 orang masyarakat miskin dalam meningkatkan kesejateraan ekonomi bagi penerima manfaat tadi.        

Manfaat (Benefit) adalah membantu meningkatkan kesejateraan masyarakat miskin. Sedangkan dampak (Impact) adalah dengan bertambahnya kesejateraan, terkhusus di sektor ekonomi.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316