Kisah Nyata: Sedekah Membuka Pintu Rezeki
sedekah membuka pintu rezeki

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Salah satu manfaat sedekah adalah membuka pintu rezeki. Bahkan seringkali rezeki itu datang dari arah tak terduga. Bisa rezeki itu berupa nikmat sehat, diberikan pekerjaan, mendapatkan jodoh yang sholeh/ah, dikelilingi oleh keluarga dan orang-orang baik, dimudahkan urusannya, dan rezeki dalam bentuk lainnya.


Allah Ta’ala telah berfirman, yang artinya: “…Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. (QS. Saba: 39)

Buah manis dari bersedekah juga turut dialami oleh Ibu Winarsih yang harus berjuang menghidupi kedua anaknya seorang diri. Beliau tidak patah semangat untuk membesarkan putra dan putrinya yaitu Daifa yang berumur 9 tahun dan Muhammad affan yang berumur 2 tahun. Untuk cukupi kebutuhan sehari-hari, Ibu Winarsih sedari pagi sudah membuka warung untuk berjualan makanan ringan di depan rumah. Jajanan anak-anaklah yang banyak diperdagangkan.

Sebelum jadi warung, beliau menjajakan barang jualannya dengan meja saja. Sempat juga menjual mie ayam, mikirnya bukan untung, yang penting ada pemasukan sehingga anak-anaknya bisa jajan. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit ia mulai bisa membuat warung sendiri. Pikirnya, supaya jajan anak-anaknya ngga kemana-mana.

Ngga kepikiran juga kalo punya usaha warung kaya gini, karena rumah kan ngga stretagis, tapi kita percaya rezeki ada yang atur. Tujuannya biar anak-anak ada uang jajan setiap hari.   Tapi sambil jalan alhamdulillah bisa jajan mereka sama kaya anak lain.” Cerita Ibunya Daifa kepada Kami.  

Baru-baru merintis usaha Ibu Winarsih justru memulainya di saat wabah covid sedang meningkat kasusnya, tapi baginya kalau rezeki ya tidak kemana. Karena mau kerja juga bingung, sedangkan orang yang kerja saja banyak yang dipecat atau diPHK.

Namun luar biasanya adalah di tengah kondisi yang masih apa adanya, beliau membiasakan untuk tetap berbagi kepada anak-anak kecil, terutama mereka yang menjadi jamaah shalat Jumat. Jajanan gratis diberikan kepada anak-anak sehingga banyak mendapat respon positif.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Pilih Bayar Zakat di Lembaga!

Tujuannya kan sedekah yang pertama buat almarhum bapaknya, sama anak-anak dan kita. Ya selama kita masih dikasih rezeki yang sehat dan usia, kita bisa sedekah. Inget bekal yang akan dibawa nanti. Karena kan kalo sedekah itu gak mesti harus besar, tapi sesuai kemampuan. Tapi pahalanya juga sama. Intinya biar kita belajar ikhlas. Karena kebaikan yang kita berikan, akan berbalik ke kita sendiri.” Tuturnya dengan mata haru.

Buat semua mungkin yang bernasib seperti saya, yakin semuanya taqdir sudah ditentukan sama Allah. Salah satu cara kita mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, ya sedekah. Karena udah dikasih sehat, umur, maka kita harus bermanfaat yaitu kita gunakan untuk beribadah kepada Allah. Caranya berbagi kepada sesama. Ga perlu seberapa besar. Alhamdulillah saya setiap Jumat, walaupun tidak seberapa saya sediakan makanan jajanan anak-anak yang habis sholat Jumat. Alhamdulillah, ada 10 anak-anak aja udah seneng. Tapi namanya anak-anak kan tersebar, tapi Alhamdulillah selalu cukup.” Tambahnya lagi.

Tujuannya bukan buat pamer, tapi buat keikhlasan hati kita. Semakin kita ikhlas dan bersyukur, rejeki kita akan bertambah, saya merasakan itu. Kalau kita bersedekah dengan ikhlas, ada aja rezeki dari Allah dari pintu yang mana. Ketika warung saya sepi, ada anak yatim saya kasih jajan gratis. Ngga lama tuh ada yang beli. Oh, berarti Allah mendatangkan orang tersebut di warung saya. Alhamdulillah ada aja rezekinya buat anak-anak.” terangnya kemudian.

Begitulah sahabat, itu adalah salah satu kisah nyata bagi mereka yang bersedekah dan berbagi kepada sesama, tanpa mengharapkan balasan. Dengan segala ketulusan dan niat semata-mata karena Allah, kemudian ada saja pintu rezeki yang terbuka untuk Ibu Winarsih dan kedua anak-anaknya. Di Jumat berkah ini, yuk jangan lewatkan kesempatan bersedekah. Sahabat Darmacare bisa langsung bersedekah langsung klik di sini!

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316