Manisnya Hidup Bila Berprasangka Baik kepada Allah
Manisnya Hidup Bila Berprasangka Baik kepada Allah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Pernahkah sahabat mendengar ungkapan tentang hidup itu pilihan?

Mau bagaimana hidup ini, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Sama halnya bila kita memandang sebuah problema yang terjadi, apakah kita akan memandangnya dengan sikap yang positif atau negatif?Semua kembali pada pilihan kita.

Tanpa sadar, pikiran negatif saat menghadapi suatu masalah akan membuat seseorang lebih suka menyalahkan keadaan, diri sendiri atau orang-orang di sekitarnya. Kecondongan untuk menyalahkan atau mencari-cari alasan terhadap masalah yang terjadi akan dilakukan oleh mereka yang berpikiran negatif. Bahkan pada tahap yang di luar batas, orang yang berpikiran negatif akan kabur membawa masalah dan melampiaskannya pada hal-hal yang di luar kendali.

Terlebih lagi, bila orang-orang yang menghadapi masalah dengan sikap negatif bisa jadi akan menghalalkan segala cara agar segalanya cepat teratasi. Bahkan bila keimanan sudah tergoyah, Tindakan-tindakan kriminal bisa saja terjadi tanpa sadar atau dengan kesadaran, seperti korupsi, mencuri, menjual barang haram, dsb. Naudzubillahi min dzalik.

Baca artikel lainnya: 4 Hal yang Mendatangkan Rezeki

Tetapi akan lain ceritanya, bila orang yang mendapati masalah menghadapinya dengan sikap yang positif. Meski tahu dalam masalah, ia akan belajar lapang dan menghadapinya dengan percaya diri. Ia akan memandang masalah sebagai jalan agar dirinya semakin tumbuh menjadi sosok dewasa, kuat, dan bertanggung jawab. Bila ia memandangnya dari segi iman, maka ia akan menyerahkan dan memasrahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT, Dzat Yang Maha Mengatur. Bahwa boleh jadi dengan ujian tersebut sebagai jalan untuk menggugurkan dosa-dosanya.

Hidup akan terasa lebih manis, manakala menilai suatu masalah, musibah, ujian dengan iman dan prasangka baik kepada Allah Azza Wa Jalla. Bahwa segala apa yang terjadi sesuai dengan ketentuanNya. Ujian yang datang, masalah yang hadir, itu semua adalah bentuk tes untuk mengukur kualitas seorang hamba sekaligus menjadi langkah seorang muslim  untuk meningkatkan derajatnya.

Sebagaimana seorang pelaut yang tangguh lahir dari kuatnya ombak di lautan. Seperti itulah semestinya seorang muslim dalam memandang masalah, karena dibalik itu semua pasti ada banyak hikmah. Sebab manisnya hidup dimulai dari prasangka baiknya kepada Rabb yang menciptakannya.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( يَقُوْلُ اللهُ تَعَالَى : أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي ، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي ، فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ، ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي ، وَإِنْ ذَكَرنِي فِي مَلَأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6970 dan Muslim, no. 2675]

Jangan lepas untuk terus berprasangka baik kepada Allah SWT, sebab hanya Dialah yang Maha Mengetahui segala apa yang terbaik untuk hamba-hambaNya.

UCare Indonesia,

Cinta Berbagi Tanpa Henti

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316