Mengapa Muslim Perlu Berzakat? Ini Jawabannya!
mengapa muslim perlu berzakat?

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Sahabat, tahukah alasannya mengapa muslim perlu berzakat?

Selain sebagai perintah Allah SWT yang tertuang dalam Al-Quran dan hadist, tentu kita harus memahami bahwa tujuan hidup seorang muslim tiada lain adalah untuk mencari kebaikan dunia dan kebaikan akhirat. Karena itu sebagai muslim kita harus punya alat untuk sampai kepada tujuan. Tujuan yang sebenarnya yaitu untuk kebaikan dunia dan akhirat.

mengapa muslim perlu berzakat?


Allah SWT berfirman, artinya: “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.” (QS. At-Taubah: 111)


Disebutkan dalam QS. At Taubah ayat 111 bahwasanya kedua alat itu yaitu amwal (kekayaan dalam bentuk materi) dan anfus (kekayaan yang ada dalam kepribadian). Baik harta atau diri adalah alat untuk mencapai tujuan. Karena itu keduanya harus dipergunakan dalam jalan kebaikan.


Mengapa Muslim Perlu Berzakat? Menuju Kesalehan Sosial

pentingnya mempelajari zakat

Karena itu, di dalam islam hak milik pribadi diakui tapi harus berfungsi sebagai sosial. Artinya kesalehan sosial tidak kalah penting dalam kesalehan pribadi. Sholeh pribadi saja tidak cukup, namun perlu disempurnakan dengan kesalehan sosial. Jangan sampai kita rajin shalat, tapi kita biarkan tetangga kita yang fakir miskin kelaparan. Dan itu bagian dari ibadah-ibadah, ada kepekaan, keinginan untuk berbagi dan membantu saudaranya. Oleh karenanya, Allah SWT akan menolong hambanya selama hamba itu menolong saudaranya.

Mengapa Muslim Perlu Berzakat? Inilah 5 Alasan Dasarnya!

mengapa muslim perlu berzakat?

1. Zakat membersihkan harta
Barangkali pada harta yang dimiliki ada bercampurnya hal-hal yang tidak baik dalam harta kita. Maka zakat itu berfungsi membersihkan harta.

2. Memberikan hak orang lain
Di dalam harta kita itu ada hak orang lain, ada hak orang fakir, orang miskin, dll. Maka zakat membersihkan harta dengan memberikan apa yang menjadi hak orang lain.

3. Menyelamatkan dari penyakit pelit dan serakah
Karena Iblis strateginya pintar kepada setiap manusia. Di antara strateginya dengan apa-apa yang dimilikinya. Contohnya dengan menggoda orang-orang mampu dari kekayaan mereka. Maka perlu diselamatkan orang kaya dari sifat kikir dan pelit. Jangan sampai mereka menjadi kaya harta, tapi miskin hati. Jangan sampai hanya mengumpulkan harta, tapi dia sendiri tidak merasakan manfaatnya. Orang pelit jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga.

4. Menjauhkan diri dari sifat rakus akan harta
Jangan sampai kita rakus, tamak dan serakah sampai menghalangi hak orang lain. Jangan sampai kita memakan harta atau hak orang lain yang padahal harus dibersihkan dan diserahkan. Orang miskin adalah orang yang selalu merasa kurang dalam harta yang ia miliki. Zakat adalah harta yang diambil dari orang kaya diberikan kepada penerima zakat.

mengapa muslim perlu berzakat?

Perintah Al-Quran adalah di antaranya mengeluarkan harta baik dalam zakat atau infak dari sesuatu yang terbaik dari rezeki yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Kalau diberikan kepada orang lain, berikan yang terbaik yang biasa kita makan. Jangan sampai kita memberi dari yang lebih jelek dan lebih rendah dari yang kita makan.

5. Zakat ibadah ekonomi sosial
Adapun zakat adalah salah satu ibadah yang mengantarkan pada ekonomi sosial. Sedangkan infak dan sedekah adalah teknis dari pelaksanaan ibadah ekonomi itu. Bukan hanya zakat fitrah yang wajib, tapi juga ada zakat maal juga menjadi banyak jenisnya.

Baca juga: Zakat Jadikan Harta Bertumbuh dan Berkembang!

Mengapa Muslim Perlu Berzakat? Membantu Mengentaskan Kemiskinan

mengapa muslim perlu berzakat?

Mengapa muslim perlu berzakat? Tentu tiada lain selain bukti ketaatan juga sebagai langkah menuju kesalehan sosial. Sedapat mungkin tujuan produktifnya lebih besar ketimbang tujuan konsumtifnya. Memang zakat sebagai jurang pemisah antara si kaya dan si miskin. Jika Allah lebihkan rezeki kepada yang lain maka itu sebagai ladang pahala kepada golongan tersebut agar menjadi tangan yang mendermakan harta untuk membantu orang lain.

Alhamdulillah, jika Allah SWT menjadikan kita di antara golongan-golongan yang diberi kemampuan untuk berzakat. Tunaikan zakat agar lebih produktif melalui program-program kebaikan UCare Indonesia. Zakat semakin mudah melalui bantu sesama.

More
articles