Salam Fatimah dari Negeri Khalifah Ustmaniyah, Turki - Ucare Indonesia

Salam Fatimah dari Negeri Khalifah Ustmaniyah, Turki

UCAREINDONESIA.ORG – Fatimah Syakura merupakan mahasiswi Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat UI angakatan 2017. Peserta yang hadir meliputi mahasiswa Indonesia, India, Mesir, Malaysia, Maroko dan China. &nbsp Dari sekitar 1000 pendaftar pemuda Indonesia di seluruh nusantara dan luar negeri, ia menjadi salah satu delegasi pada konferensi internasional Istanbul Youth Summit (IYS) yang telah diadakan pada tanggal 27-30 Januari 2020. Melihat hal ini, UCareIndonesia berperan sebagai sponsor yang memberikan donasi untuk pemberangkatan Fatimah ke Turki.

 

Pada forum ini, para delegasi di kelompokkan sesuai region. Fatimah dikelompokkan dengan alumni dan mahasiswa perguruan tinggi di Jabodetabek, di antaranya adalah Universitas Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah, dan Institut Pertanian Bogor. &nbsp Proyek yang dipresentasikan Fatimah dan teman-temannya adalah gabungan proyek PILAHIN dengan proyek penyaluran pakaian layak pakai yang dikerjakan oleh temannya. &nbsp PILAHIN sendiri adalah proyek yang dijalankan sejak 3 bulan lalu yang bergerak mendorong pemilahan sampah di perumahan kompleks untuk disalurkan ke pihak pengolah. Tujuannya adalah untuk mengurangi akumulasi sampah di TPA. &nbsp PILAHIN ini sedang diterapkan di Jakarta Timur. Proyek ini juga didukung oleh penduduk setempat, termasuk anak-anak. Terakhir kali, ada 6 rumah yang berpartisipasi dalam pemisahan sampah di rumah.

 

Acara ini digagas oleh Youth Break the Boundaries Foundation (YBB Foundation) bertema “Preparing Youth Leader 2045: Breakthrough in Regeneration for Strategic Position in Government and Non-Government Organization”.

 

Muhammad Aldi Subekti selaku Direktur Eksekutif YBB Foundation mengatakan bahwa acara ini juga mengundang mahasiswa internasional Turki untuk membuka stan-stan. Tujuannya adalah memberikan peluang para delegasi Indonesia agar berinteraksi dengan mahasiswa internasional yang ada.

 

Konferensi internasional Istanbul Youth Summit (IYS) ini diharapkan membuat para delegasi untuk bisa menciptakan jaringan sosial bagi seluruh pemuda di seluruh dunia. Delegasi juga melakukan kunjungan ke salah satu universitas tertua di Istanbul, yaitu İstanbul Üniversitesi. &nbsp Delegasi juga mendengarkan diskusi panel dari para pemangku kebijakan dan beberapa tokoh influencer. Fatimah merasa bersyukur karena dapat memperluas jaringan ke manca negara dan mengambil hikmah dari kota pewaris sejarah islam.

 

Apalagi di kota ini dulu terkenal dengan nama Islambul di zaman Khalifah Turki Ustmani kemudian berganti nama menjadi Istanbul.

Scroll Up