Cari Tahu Nisab Zakat Penghasilan Tahun 2024
Nisab Zakat Penghasilan Tahun 2024

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

“Berapa minimal gaji wajib zakat? Berapa nisab zakat penghasilan tahun 2024?”

Menurut hitungannya nisab zakat penghasilan adalah 85 gram emas. Mengapa bisa 85 gram emas? Karena zaman Nabi duitnya berupa emas koin yaitu dinar. 1 dinar berat 4,25 gram. Kata nabi kalau uangmu ada 20 keping, berarti sudah wajib zakat. Sehingga 20 keping x 4,25 gram adalah 85 gram. Haulnya adalah setahun. Kalau masih bertahan pada angka 85 gram setelah setahun itu, baru dikeluarkan 2,5% kadar zakatnya.

Rasulullah SAW bersabda, artinya: “Tidak ada zakat pada dinar yang jumlahnya kurang dari 20 dinar, dan pada 20 dinar zakatnya setengah dinar. ”(HR. Ibnu Abi Syaibah no. 9873 dan Abu Dawud no. 1753. Dihasankan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullahdalam Bulughul Maram dan dishahihkan oleh al-Albani rahimahullah dalam al-Irwa’ 3/290-291)

Nisab Zakat Penghasilan Tahun 2024

Nisab Zakat Penghasilan Tahun 2024

Berdasarkan SK Ketua BAZNAS Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Nilai Nisab Zakat Pendapatan dan Jasa Tahun 2024, bahwa Nishab zakat pendapatan / penghasilan pada tahun 2024 adalah senilai 85 gram emas atau setara dengan Rp82.312.725,- (delapan puluh dua juta tiga ratus dua belas ribu tujuh ratus dua puluh lima rupiah) per tahun atau Rp6.859.394,- (enam juta delapan ratus lima puluh sembilan ribu tiga ratus sembilan puluh empat rupiah) per bulan.

Zakat Penghasilan 2,5% Sebagai Bukti Rasa Syukur

Nisab Zakat Penghasilan Tahun 2024

Tidak diambil dari netto, tapi dari bruto yaitu jumlah penghasilan kotor sebelum dipotong biaya lain-lain.

“Sebelum potong uar air, listrik, sekolah, dll. Maka dikeluarkan dulu milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala berupa penunaian zakat. Maka wajib hukumnya mengeluarkan (minimal) 2,5% dari zakat penghasilan.” Ujar ustadz Abdul Somad, Lc. dalam kesempatan yang ada.

Bayar zakat juga bagian dari bentuk rasa syukur kita. Maka syukur itu adalah untuk diri kita. Allah SWT tidak mendapatkan pengaruh dari zakat kita, karena Allah SWT sudah Maha Kaya dan Kuasa. Keuntungan bayar zakat lewat amil zakat, bukti setor zakatnya bisa bantu pengurang bayar pajak.

Baca juga: Mengetahui Nisab dan Kadar Zakat Penghasilan

Kapan Waktu Wajib Bayar Zakat Fitrah?

Nisab Zakat Penghasilan Tahun 2024

Kalau zakat fitrah adalah tanggung jawab kepala keluarga atau bapak yang ada di rumah. Orang yang fakir tak wajib zakat. Kapan Waktu wajib bayar zakat? Dari mulai azan maghrib malam Idul Fitri sampai khotib naik mimbar shalat Idul Adha. 13 jam itulah waktu wajib bayar zakat.

Jika ada orang miskin, ia ada pemasukan tapi tak mencukupi kebutuhan. Maka Jika sampai khotib naik mimbar, dia tak mampu dan tak memiliki kelebihan makai a tak wajib bayar zakat. Tapi jika sebelum shalat Subuh sudah dapat 3 karung beras, maka setelah shalat Subuh ia terkena kewajiban zakat fitrah. Karena ia masuk dalam kategori mukallaf (orang yang dibebani hukum).

Bayar Zakat Penghasilan dari Penghasilan Bruto

“Kalau duit ditahan, ia akan keluar dengan caranya sendiri. Maka hendaknya punya catatan uang gaji dan uang tabungan yang mengendap selama setahun. Sekarang bulan Mei sudah keluar zakatnya, maka duit yang sudah dizakati ini, maka setahun ke depan  tidak perlu dizakati. Tapi duit yang disimpan sebagai tabungan maka mesti dicatat kapan ia mencapai nisab (batas minimal harta wajib zakat). Jadi zakat yang paling aman adalah zakat hitung bruto.” nasihat Ustaz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D.,

Baya zakat penghasilan dari penghasilan bruto lebih utama ( afdhal ) karena khawatir ada harta yang wajib zakat tapi tidak dizakati.

Alhamdulillah sahabat, itulah informasi seputar nisab zakat penghasilan tahun 2024 yang dapat dipahami. Bagi sahabat yang hendak menunaikan zakat penghasilan dapat ditunaikan melalui UCare Indonesia. Selain dikelola oleh Lembaga Amil Zakat yang profesional, sahabat juga dapat memperoleh bukti setor zakat.

Yuk tunaikan kewajiban zakat penghasilanmu melalui: bantusesama.co/ZakatPenghasilan?ref=ro7or

More
articles