Sunnah Berbuka Puasa Ala Rasulullah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Ramadhan merupakan bulan kesembilan di kalender Hijriyah. Dimana pada bulan ini umat islam diwajibkan untuk berpuasa, kecuali ada udzur (halangan) secara agama. Kewajiban untuk berpuasa telah diperintahkan kepada orang terdahulu juga.

Allah SWT berfirman, artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183)

Puasa dilakukan sejak terbit fajar diufuk timur hingga terbenamnya matahari. Untuk menyempurnakan keberkahan di bulan puasa, ada beberapa sunnah dari Rasulullah SAW yang bisa diamalkan saat sahabat berbuka puasa, yaitu:

1. Menyegerakan berbuka. Jangan ditunda-tunda bila sudah mendengar kumandang adzan magrib.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

2. Membaca basmallah “Bismillahirrahmanirrahim”.  Dalam hadist disebutkan: “Apabila kalian hendak makan, bacalah ‘bismillah’, jika lupa tidak membaca basmallah di awal, bacalah ‘bismillahi fi awwalihi wa akhirihi’.” (HR. Ahmad dan Turmudzi)

3. Berbuka dengan kurma atau air putih. Saking spesialnya buah kurma ini, maka kita dianjurkan untuk mengonsumsinya, terutama saat bulan Ramadhan. Selain itu dari segi kesehatan, kurma juga baik karena mengandung dua pertiga unsur gula alami yang paling mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Mengenai manfaat kurma bagi kesehatan tubuh, Rasulullah bersabda, ”Barang siapa yang sarapan pagi dengan tujuh buah kurma Ajwa, pada hari tersebut orang itu tidak akan terkena racun dan juga sihir.” (HR Abu Dawud).

4. Membaca doa berbuka puasa, “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam jika berbuka beliau berdoa: dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)” (HR. Abu Daud no.2357, An Nasa-i no.3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

5. Memperbanyak berdoa setelah berbuka. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa hingga ia berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.3598, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)

Yap, itulah beberapa sunnah Rasulullah saat berbuka. Bagi sahabat semua, silahkan save atau bagikan ke teman-temanmu yaa…

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316