Tahun Baru Hijriah, Momentum Terbaik untuk Hijrah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tahun baru hijriah yang saat ini disambut gembira oleh umat islam, pada realitanya memiliki perjalanan panjang pada masa kenabian. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi yang kemudian disebut sebagai awal penanggalan kalender Hijriah. Adapun perhitungan tahun baru islam dimulai pada masa Khalifah Umar Bin Khattab ra. Tepatnya 6 tahun pasca wafatnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Pada akhirnya momentum hijrahnya Rasulullah dikenal sebagai tahun hijriah.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, tahun baru islam merupakan momentum yang tepat bagi umat islam untuk melakukan hijrah. Yang mana hijrah bukan hanya sekedar berpindah tempat, namun berpindah menuju keadaan yang lebih baik. Apalagi bagi umat islam, alangkah baiknya bila terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dari waktu ke waktu memiliki perubahan ke arah yang lebih baik dalam berbagai hal.

Sebagai contohnya, mereka yang sebelumnya belum pernah berjamaah ke masjid, bisa untuk melaksanakan jamaah ke masjid. Bila yang sebelumnya tidak dekat dengan Al-Qur’an, mungkin tahun ini bisa membiasakan diri untuk lebih dekat hatinya dan waktunya kepada Al-Qur’an. Bila sebelumnya hanya sedekah sebulan sekali, tahun ini ditingkatkan untuk lebih gemar bersedekah. Dan masih banyak lagi hal-hal yang mestinya dievaluasi, kemudian ditingkatkan agar tahun ini berkomitmen menuju pribadi muslim yang lebih baik.

Memang mungkin tidak mudah dalam perjalanannya, akan banyak tantangan yang akan dilewati. Entah ujian itu datang dari dalam diri sendiri ataupun datang dari luar dan hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya. Karenanya, setiap niat dan langkah hijrah yang diperjuangkan, tentu akan bernilai besar juga pahalanya di sisi Allah.

Selamat Tahun Baru Islam – 1 Muharram 1443 Hijriah

Di tahun 1443 H ini, UCare Indonesia akan terus berupaya menghadirkan program-program dan kolaborasi kebaikan untuk masyarakat luas, terutama faqir miskin dan kaum dhuafa di Kota Bekasi. Sebagai umat muslim, tentu kita semua berupaya untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan, amal sholeh, dan hal-hal kebajikan lainnya. Apalagi, di situasi pandemi ini akan banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh oleh saudara-sudara kita.

Sambut Tahun Baru Islam dengan suka cita, mari sempurnakan kebahagiaan dengan terus berbagi. Untuk informasi kebaikan terbaru, silahkan berkunjung ke sini: (https://shor.by/SemarakYatimBahagia)

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316