Ternyata Inilah Manfaat Sedekah Subuh

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Ada banyak sekali amal sholeh yang dianjurkan untuk dilaksanakan umat islam. Salah satunya dengan bersedekah. Bahkan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam telah menyatakan sedekah itu sebagai burhan (bukti). Bukti dari apa? Bukti iman kepada Allah serta terhadap adanya hari kiamat.

Dalam hadis dari Abu Malik al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَالصَّلاَةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ

Artinya: “Shalat adalah cahaya, sedekah itu burhan, dan sabar itu sinar.” (HR. Muslim 556 & Ahmad 22902)

Jika ditanya kapan sebaiknya sedekah dilakukan? Sedekahlah sesegera mungkin, tanpa harus takut untuk mengerjakannya. Boleh bersedekah di hari Jumat ataupun selainnya. Namun ada waktu terbaik untuk bersedekah, yaitu di waktu subuh. Karena pada waktu subuh, malaikat turun dan mendoakan bagi siapa saja yang bersedekah di waktu subuh.

Hal ini tertuang dalam hadis yang artinya:

Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” – HR. Bukhari & Muslim

Lalu, apa saja manfaat sedekah subuh untuk mereka yang mengamalkannya?

1. Didoakan Para Malaikat

Dalam hadist di atas disebutkan bahwa pada waktu subuh malaikat turun dan mendoakan ganti yang lebih baik bagi yang berinfaq dan bersedekah. Namun malaikat juga mendoakan kerusakan bagi mereka yang menahan hartanya. Karenanya mari kita sambut subuh dengan amalan terbaik, salah satunya lewat jalan sedekah.

2. Diberi balasan yang berlipat ganda

Allah SWT berfirman, yang artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)

Orang-orang yang mengeluarkan hartanya di jalan Allah juga mendapatkan ganjaran atau balasan yang berlipat ganda. Sehingga tidak perlu takut terhadap janji-janji Allah.

3. Dihapuskan Dosanya

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api,” (HR At-Tirmidzi).

Salah satu manfaat sedekah juga dapat menghapus dosa. Tentunya sebagai seorang muslim kita menyadari bahwa manusia tidak luput dari salah dan dosa. Untuk itu penting sekali agar senantiasa memohon ampun kepada Allah. Dengan keutamaan sedekah bisa menjadi jalan untuk terhapusnya dosa-dosa. Karenanya, akan sayang sekali bila dilewatkan.

Tidak hanya tiga hal di atas, masih banyak sekali keutamaan yang diperoleh lewat sedekah, terutama sedekah di waktu subuh. Bahkan para ulama juga turut mengajak umat islam untuk  semangat bersedekah subuh, karena itu adalah waktu terbaik untuk memulai amal terbaik di pagi hari.

Tunggu apalagi, yuk ajak keluarga, saudara, dan teman-temanmu untuk gemar sedekah subuh.

Bingung ingin bersedekah subuh di mana? UCare Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Kota Bekasi bisa bantu beri solusinya.

Silahkan sedekah subuh melalui nomer rekening di bawah ini:

BSI (BSM) 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi dan konfirmasi melalui:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316