Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah yang Perlu Kamu Coba! – Ucare Indonesia

Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah yang Perlu Kamu Coba!

Sebagai seorang muslim, kita pasti tahu bahwa banyak amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Bahkan banyak sunnah Rasulullah SAW yang bila dikerjakan tidak hanya berpahala, tapi juga bermanfaat besar untuk kehidupan kita. Di antaranya adalah sunnah dalam pola makan, pola tidur dan olahraga. Hal ini memang disunnahkan kepada seluruh ummat islam, namun bukan hanya sebagai anjuran semata tapi banyak hikmah dari setiap sunnah yang dikerjakannya.  

Pertama, dari segi pola makan.

Ingat, makan itu gak asal makan, lho!  Ada adab dan sunnahnya tersendiri yang perlu dilakukan. Diantaranya:

  • Makan jangan asal makan. Ingat, kamu juga perlu untuk memperhatikan kebersihan tanganmu. Ngga mau kan makanan yang masuk ke mulut ditemani dengan kuman dan bakteri yang berasal dari tanganmu! Hiii…
  • Sekarang ini mungkin sedang tren bahwa sebelum makan, mengambil foto kemudian mempostingnya di status atau media sosial. Tapi jangan lupa ya, sunnah untuk membaca Basmallah sebelum makan. Berdoa memohon kepada Allah agar makanan yang masuk bisa memberikan keberkahan untuk diri kita.  
  • Makanlah menggunakan tangan kanan yaa! Kalau salah tangan menjadi tangan kiri, hiii.. takutnya ada kotoran yang nyelip, lho!

Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bismillah) makanlah dengan tangan kanan dan makanlah yang ada dihadapanmu.” (H.R Bukhari dan Muslim)

  • Ambil porsi makanan sesuai dengan yang sanggup kita habiskan. Kasihan kan ada jutaan orang yang mengalami kekurangan. Masa kamu malah buang-buang makanan.

Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan…” (Q.S. Al A’raf : 31)

  • Makanan jangan ditiup-tiup, walaupun itu masih panas. Daripada tiup makanan, mending tiup balon sahabat. Geli kalo dibayangin ada mikroorganisme, virus dan bakteri yang ketiup ditiap hembusan ke makananmu, kan. Hiii geli!
  • Kalau makanan itu punya mata pasti dia udah nangis kamu caci terus tiap rasanya kurang enak. Daripada kamu caci makanan, alhasil bikin waktumu terbuang. Lebih baik langsung gak usah dimakan aja yaa.
  • Ambil makanan yang terdekat, gausah yang jauh-jauh. Kalau ada yang dekat, kenapa harus cari yang jauh? Eh. Lagian kalau dekat dimata kan mudah dimakan.

Bacalah Basmalah & ambillah makanan yang ada didekatmu” (H.R. Bukhari)

  • Cukup jalan yang berdiri yaaa! Kalau makan dan minum harus sambil duduk yaa Sahabat!

Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW melarang seseorang untuk minum berdiri” Qatadah (seorang tabi’in) berkata: “Kami bertanya kepada Anas. ‘Bagaimana dengan makan sambil berdiri?’ Anas menjawab, ‘Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk”. (H.R. Muslim).

  • Yang jomblo, tenang kamu ngga sendiri, kok! Kalau soal makan, kamu bisa kok makan bersama dengan yang lain. Kan enak jadi bisa berbagi. Rasulullah SAW bersabda “Makan satu orang itu cukup untuk dua orang. Makanan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makanan empat orang itu cukup untuk delapan orang.” (H.R. Muslim)

Kedua, dari segi pola tidur.

  • Tidur lebih awal, bangun lebih awal! Itu jauh lebih baik ya, Sahabat! Abis isya langsung tidur, kalau masih ada kerjaan maksimal banget jam 11 malem kamu udah harus tidur. Biar paginya kamu bisa curhat sama Allah mengisi Jiwa. Agar waktu siangmu tetap bertenaga meskipun aktivitas padat kayak jalan raya Bekasi!

”Bahwasannya Rasulullah ﷺ membenci tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya” 

(HR. Bukhari 568 dan Muslim 647)

 “Sesungguhnya bangun di waktu malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan pada waktu itu) lebih berkesan.”

(QS. Al-Muzzammil: 6)

Ketiga, dari segi olahraga.

Rasulullah SAW. bersabda:

Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR. Sahih Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW punya hobi olahraga, lho! Tahukan apa saja olahraganya? Ada berkuda, berenang dan juga memanah. Wah, Masya Allah yaa…

Jadi, tunggu apalagi?

Yang ingin hidup sehat, praktekkan saja pola sehat yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semoga sahabat sehat jasmani rohani sehingga bisa terus mengerjakan aktivitas dan tanggungjawab dengan sebaik-baiknya.

Atau mau mendukung program kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu juga bisa, lho!

Caranya gampang banget.

Sahabat bisa langsung berdonasi melalui transfer ke:

Bank Muamalat 3050 7000 73

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

BRI 1623 01 000 032 307

A.n UCare Indonesia

Tambahkan infaq Rp. 34 sebagai tanda donasi.

Contoh: transfer Rp. 100.034

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. 0813 9555 5868

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

Scroll Up
×

Assalamualaikum,

Selamat datang di ucareindonesia.org. Silahkan klik icon customer service kami (U Care Admin) untuk memulai percakapan via WhatsApp chat

× Assalamualaikum, ada yang dapat kami bantu ?