Tips Saat Harus Keluar Rumah di Masa Pandemi

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, pemerintah telah memberlakukan PPKM Darurat sejak 3-20 Juli 2021, hal ini berlaku terutama di dearah Jawa dan Bali. Dimana notabennya kasus positif Covid-19 yang semakin di luar kendali. Sayangnya di saat seperti ini, tidak semua orang bisa menerapkan untuk diam di rumah saja, karena masih ada tuntunan kerja dan keinginan untuk mencari nafkah demi cukupi kebutuhan keluarga.

Namun, di tengah kondisi krisis seperti ini, perlu kiranya sahabat tetap di rumah saja. Ikuti arahan pemerintah, sekaligus bentuk perhatian untuk diri sendiri dan keluarga. Tapi bilapun darurat karena ada keperluan penting yang harus dilakukan di luar rumah, maka sebisa mungkin untuk tetap ketat protokol Kesehatan, demi kebaikan diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Terus, tips apa aja sih yang harus dilakukan saat harus ke luar rumah?

1. Memakai Masker dengan Benar

Hal paling penting yang harus kamu lakukan saat aktivitas di luar rumah adalah dengan memakai masker. Selain masker medis, kamu juga bisa menggunakan masker kain, masker KN95, double masker hingga menggunakan face shield sebagai tambahan. Tentunya ini sebagai upaya perlindungan diri kamu dan bentuk perlindungan orang lain terhadap kamu.  Jadi, sama-sama saling melindungi dengan masker masing-masing.

2. Jangan Lepas Masker Kecuali Saat Makan dan Minum

Memakai masker terlalu lama, mungkin sedikit gerah dan agak sulit bernapas. Namun satu hal yang jangan terlupakan adalah untuk tetap menggunakannya saat beraktivitas, apalagi saat berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Kita tidak tahu, apakah lawan bicara kita dalam kondisi yang baik-baik saja atau tidak. Pun sebaliknya, jadi harus saling menjaga.

Namun saat hendak makan dan minum, tentu boleh saja melepas masker. Setelah selesai kemudian menggunakan Kembali. Namun pastikan, kamu meletakkan masker di tempat yang bersih dan aman. Karena nanti akan digunakan Kembali.

3. Sedia Hand Sanitizer Pribadi

Ketika kamu keluar, sebaiknya kamu selalu menyediakan dan membawa hand sanitizer di saku atau tas. Hand sanitizer digunakan agar kondisi tangan tetap bersih, tentunya. Tentunya kita tidak tahu bagaimana kondisi barang-barang yang kita sentuh, aman atau tidak. Maka siap sedia hand sanitizer tentu lebih baik sebagai upaya kamu untuk mencegah penularan covid-19.

4. Menjaga Jarak

Jaga jarak di kondisi saat ini jauh lebih baik, dibandingkan harus kontak fisik dan interaksi yang terlalu dekat. Tentunya, saat keluar rumah akan banyak orang yang kita temui atau papasan. Sebisa mungkin untuk tetap memperhatikan dan menjaga jarak, agar sama-sama nyaman dan saling merasa aman.

5. Saat Kembali Ke Rumah, Bersihkan Diri Segera

Sekembalinya kamu ke rumah, pastikan untuk tidak menyentuh apapun kecuali setelah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Pastikan tangan dalam kondisi bersih, kemudian masuk dan bergegas untuk membersihkan diri. Bersihkan diri dengan mandi yang benar untuk membasuh dan menghilangkan kuman dan kotoran yang menempel di tubuh.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu untuk kamu yang masih harus keluar rumah di masa pandemi ini.

Stay Happy Stay Healthy.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316