Tips Siaga La Nina dan Dampaknya
LA NINA

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Pada awal November 2021, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mengingatkan terkait cuaca ekstrem akibat La Nina mulai November 2021 sampai Februari 2022. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, perlu disiagakan rencana mitigasi untuk mengurangi dampak bencana akibat La Nina tahun ini.

Masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, diharapkan untuk bisa bersiap dan meningkatkan kewaspadaan. Terutama di titik rawan seperti sungai, lereng, pohon yang mudah tumbang atau sekitar sisi pantai. Sebaiknya di wilayah-wilayah tersebut dihindari sebagai antisipasi masyarakat dalam kesiagaan bencana.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menghadapi dampak yang ditimbulkan oleh La Nina, yaitu:

  1. Menyiapkan tas siaga bencana yang perlu dibawa jika sewaktu-waktu harus mengungsi (meliputi kebutuhan bahan pangan pokok, obat-obatan pribadi, air minum, senter, dsb)
  2. Perhatikan berbagai instrumen seperti saluran listrik dan gas yang dapat memicu bahaya atau korsleting listrik (terutama saat banjir)
  3. Memahami rute evakuasi, terutama ke daerah yang lebih tinggi atau lebih aman dari tempat sebelumnya

Dengan mempersiapkan beberapa hal tersebut, diharapkan dapat mengurangi dampak resiko bencana yang terjadi akibat La Nina. Sehingga dengan lebih siaga tentunya dapat mengurangi atau memanimalisir dampak yang datang pasca bencana.

Baca artikel lainnya: Jangan Lengah! Inilah Perumpamaan Waktu Bagi Seorang Muslim

Tidak hanya mempersiapkan langkah-langkah di atas, salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan untuk mencegah bencana adalah lewat bersedekah, ”Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah“ (HR Thabrani)

Bismillah, sedekah sahabat hari ini semoga memberikan kemudahan dan jalan keselamatan untuk di kemudian hari. Sedekah hari ini langsung melalui transfer ke nomer rekening UCare Indonesia:

Mandiri 167 000 2432 085

BSI 685 664 7010

BCA 066 327 1960

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi dan konfirmasi melalui:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316