Mendalami Makna Hijrah Bagi Seorang Muslim
hijrah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Dalam hati setiap individu tentu mendambakan sesuatu yang lebih baik. Begitu juga dalam perjalanan hidup, setiap hamba Allah tentu ada keinginan untuk menjadi seseorang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Secara konteks ada komitmen untuk maju, komitmen untuk lebih baik maka bernilai sebagai hijrah.

Bicara tentang hijrah, setidaknya terdapat 31 ayat dalam Al-Qur’an yang memuat kata hijrah dalam berbagai bentuk, umumnya berbentuk fi’il (kata kerja). Kata hijrah yang sangat popular dikalangan umat islam disebut sebanyak empat kali dalam Al-Qur’an, yang mana dalam keempat ayat tersebut kata hijrah diapit oleh kata iman dan jihad.

Pertama, dalam Al-Qur’an surat Al-Anfaal (8) ayat 72,

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

Kedua, dalam Al-Qur’an surat Al-Anfaal (8) ayat 74,

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki (nikmat) yang mulia.”

Ketiga, dalam Al-Qur’an surat Al-Anfaal (8) ayat 75,

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan orang-orang yang beriman sesudah itu kemudian berhijrah serta berjihad bersamamu maka orang-orang itu termasuk golonganmu (juga). Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) di dalam kitab Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Baca artikel lainnya: Tips Siaga La Nina dan Dampaknya

Keempat, dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr (59) ayat 9,

Allah SWT berfirman

“Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) ‘mencintai’ orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung.”

Hal ini menegaskan bahwa hijrah merupakan bagian dari agama, sebagaimana iman dan jihad di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sehingga hijrahnya bernilai sebagai semangat beragama. Semoga dalam hati kita selalu bersemangat untuk mengaplikasikan hijrah untuk hidup yang lebih baik. Aamiin.

Yuk, sempurnakan langkah hijrah sahabat dengan terus berbagi kepada sesama. Berbagi sangat mudah, cukup dari rumah aja melalui https://donasi.ucareindonesia.org/https://donasi.ucareindonesia.org/

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316