Senin, 22 Januari 2018 | 13:07 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Indah Mulyanti

Ucare Indonesia.

Direktur Ucare Indonesia Muhammad Anwar.
Foto : Indah Mulyanti

Ucare Indonesia siap membantu, mendampingi hingga memasarkan hasil produksi peserta Hiharaponik. Modalnya Rp 8 juta per orang.

BEKASI – Ukhuwah Care Indonesia (Ucare Indonesia) meluncurkan program penghijauan dengan metode Hiharaponik. Direktur Ucare Indonesia Muhammad Anwar menuturkan, progam yang baru dilucurkan ini masih perlu masukan untuk pengembangan lebih baik.

“Hiharaponik merupakan teknologi tanam mudah, smart dan murah. Metode ini sudah diuji coba pada bulan September. Hiharaponik tidak perlu lahan yang luas. Selain itu, metode ini sangat mudah dikerjakan dimana saja. Dan media yang digunakan bukan tanah tetapi serbuk gergaji dan kompos,” jelasnya, Minggu (21/1).

Lebih jauh ia menerangkan, konsep Hiharaponik sendiri yakni pemberdayaan masyarakat yang tidak mampu dan memiliki hobi khususnya lingkungan hidup dan pertahanan. “Mereka punya hobi tapi gak punya lahan dan sarana, kita berikan metodenya. Seperti ibu rumah tangga tentu bisa karena ini seperti merawat tanaman biasa,” paparnya.

Terkait jenis tanaman ia mengatakan, fokusnya saat ini tanaman sayur mayur dan bisa dijual. “Kita ingin di rumah-rumah ada warung sayur yang langsung bisa memetik sendiri. Jadi kalau bisa dikonsumsi sendiri dan bisa dijual kenapa tidak,” bebernya.

Muhammad Anwar menerangkan, program ini bertujuan untuk membuat pesertanya menjadi pengusaha sayur. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekira Rp 8 juta, termasuk fasilitas pendampingan, jaringan penjualan dan tim marketing. “ Kalau mereka ingin jual sendiri juga bisa,” tandasnya.

Ditambahkan olehnya, tugas Ucare Indonesia memberdayakan dari ekonomi kurang menjadi ekonomi yang lebih baik lagi. “Program Hiharaponik ini tentunya sangat membantu msyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Dan, saat ini kita merekrut 32 relawan untuk memberi contoh kepada masyarakat,” pungkasnya.

Link Berita Online : http://m.infonitas.com/bekasi/usaha/yuk-jadi-pengusaha-sayur-ala-ucare-indonesia-lewat-hiharaponik/58335

Bagikan Informasi
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •