Yuk, Lawan Covid-19 dengan Ikhtiar, Doa dan Tawakkal Terbaikmu!

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Waspada itu baik namun jangan sampai kekhawatiran berlebihan sehingga membuat kita tidak tenang dan nyaman dalam menjalani ibadah. (Al-Habib Quraisy Baharun)

Entah bagaimana tingkat kecemasan masyarakat saat ini setelah corona datang. Rasa cemas, khawatir, dan waswas seakan menghantui pemikiran setiap orang.

Namun kita juga harus ingat bahwa Corona adalah makluk dan ciptaan Allah. Sebagaimana muslim, kita harus tetap berikhtiar, berdoa dan bertawakkal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Sang Pemilik Kehidupan.

Di masa pandemi ini ikhtiar kita adalah  dengan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dll. Berdoa kepada Allah memohon perlindungan kepadaNya agar dijauhkan dari segala marabahaya dan penyakit, termasuk virus Covid-19.

Allah SWT berfirman, yang artinya: “Berkatalah dua orang diantara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah telah memberi nikmat atas keduanya: “Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman“. (QS.Al-Maidah:23)

Anas r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW, bersabda, “Siapa yang ketika hendak keluar dari rumahnya membaca, ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi wa la haula wa la quwwata illa billahi.” Sungguh dia telah  diberi petunjuk, dicukupkan, dilindungi, dan setak akan menjauh darinya.” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai, dan yang lainnya). At Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan. (An Nawawi, Riyadus Salihin, 83:38)

Kita punya Allah. Kita milik Allah. Maka kita harus yakin untuk menghadapi pandemi ini dengan ikhtiar, doa dan tawakkal sebaik-baiknya. Sesungguhnya, kita harus  meyakini bahwa segala yang terjadi pastilah ada hikmahNya.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316