4 Alasan Mencintai Rasulullah SAW
cinta rasul

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Rasa cinta tentu ada dalam diri setiap manusia. Dan selayaknya seorang muslim rasa cinta itu tidak hanya untuk orang tua, pasangan, keluarga dan saudaranya sesama muslim saja, tapi juga rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini sudah berlaku sejak zaman para sahabat Rasulullah SAW, yang mana mereka telah mencontohkan rasa cinta kepada Rasulullah melalui pembuktian yang nyata. Seperti turut mengikuti dan mendukung pengorbanan Rasulullah, ikut serta membelanya, bahkan tak sedikit yang rela menjadi tameng hingga harus bertukar nyawa saking besar rasa cintanya kepada Rasulullah SAW.

Bahkan tak sedikit di antara mereka yang rela kehilangan harta kekayaan, jiwa, anak, orang tua, dan kenikmatan lainnya daripada harus kehilangan sosok Rasulullah SAW. Hal ini bisa dilihat dari setidaknya sahabat Anshor dalam perang Hunain. Tak hanya itu, bahkan para sahabat pun tela melindungi keselamatan Rasulullah demi membela agama islam, contohnya seperti saat perang Yarmuk.

Tidak hanya para sahabat, seluruh umat islam sudah selayaknya untuk turut serta memberikan pembuktian cinta kepada Rasulullah SAW. Karena atas jasa beliaulah, pada akhirnya ajaran agama islam sampai kepada kita umatnya. Bahkan Rasulullah tetap gigih berjuang untuk menyampaikan agama islam di tengah kerikil, ancaman dan ujian yang seringkali menerjang.

Baca artikel lainnya: Keutamaan Membaca Al-Qur’an dan Mengamalkannya

Rasa cinta kita kepada Rasulullah, tentu harus segenap jiwa dan raga serta dilengkapi dengan pembuktian yang nyata. Dengan jiwa, rasa cinta kepada Rasulullah harus melebihi diri kita sendiri dan lainnya. Sedangkan raga, pembuktian rasa cinta ditunjukkan dengan mengikuti sunnah-sunnahnya, mempelajari sejarahnya, mengamalkan ajarannya, serta banyak bershalawat kepadanya.

Setidaknya, ada 4 alasan mengapa kita harus mencintai Rasulullah SAW, yaitu:

  1. Cinta kepada Rasulullah berarti bukti cinta juga kepada Allah SWT

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Ali Imron : 31)

2. Allah SWT memilih Rasulullah dari semua makhluk

Watsilah bin Asyqo berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya Allah memilih Kinanah dari keturunan Ismail dan Allah memilih Quraisy dari keturunan Kinanah. Allah memilih Bani Hasyim dari Quraisy dan Allah memilih aku dari keluarga Bani Hasyim” (HR. Muslim dan At-Tirmidhi)

3. Perjuangan Rasulullah SAW sangat besar demi para umatnya

لَقَدْ جَآءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِٱلْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Artinya: “Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (Qs. At Taubah: 128)

4. Rasulullah SAW mempunyai akhlak yang sangat mulia

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Artinya: “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (Qs. Al Qolam: 4)

Itulah sedikitnya 4 alasan mengapa kita harus mencintai Rasulullah SAW. Tentunya sebagai umat Rasulullah SAW sepantasnyalah kita menunjukkan rasa cinta kita kepada beliau dengan pembuktian yang nyata seperti pemaparan di atas.

Jangan lupa juga untuk tetap menjalankan sunnah-sunnahnya agar kelak kita mendapatkan syafaat sehingga bisa berjumpa dan berkumpul dengan Rasulullah SAW di surgaNya. Aamiin.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316