Keutamaan Membaca Al-Qur’an dan Mengamalkannya

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Al-Qur’an yang kini menjadi kitab suci umat islam adalah kalamullah Azza Wa Jalla (firman Allah), yang mana membacanya dinilai sebagai ibadah. Al-Qur’an datang dari Allah Ta’ala dan kelak akan kembali juga kepadaNya. Berbeda dengan membaca buku-buku pada umumnya, membaca Al-Qur’an tidak hanya menjadi amal sholeh namun juga amalan utama yang dilakukan oleh lisan dan kelak akan memberikan syafaat bagi mereka yang membacanya.

KEUTAMAAN ORANG YANG BELAJAR AL-QUR’AN DAN MENGAJARKANNYA

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Khairukum man ta’allamal Qur’aana wa ‘allamahu

Artinya: Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

PAHALA BAGI YANG MEMBACANYA

Rasulullah bersabda: 

من قرأ حرفًا من كتابِ اللهِ فله به حسنةٌ والحسنةُ بعشرِ أمثالِها، لا أقولُ ألم حرفٌ، ولكن ألفٌ حرفٌ، ولامٌ حرفٌ، وميمٌ حرفٌ

“Man qara-a harfan min kitabillahi fa lahu bihi hasanatun wal-hasanatu bi-asyri amtsaliha, laa aqwaalu almu harfun, wa lakin alifun harfun, wa lamun harfun, wa mimun harfun.” 

Yang artinya: “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka baginya satu kebaikan dengan membaca tersebut. Satu kebaikan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan di setiap satu huruf: akan tetapi Alif satu huruf, lam satu. Aku tidak mengatakan bahwa (yang dimaksud huruf) berarti Mim (dimaknai) satu huruf.” 

Baca artikel lainnya: Peran UCare untuk Mendampingi Mualaf Agar Berdaya

Sebagai seorang muslim tentu kita harus sering membangun interaksi dan kedekatan dengan Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an selain mengandung banyak kebaikan, juga bisa menjadi obat dan penawar bagi hati manusia. Dari Al-Qur’an banyak sekali pengetahuan dan hikmah yang bisa diperoleh, mulai dari sejarah pada zaman dahulu, hukum-hukum, adab dan akhlak, pengetahuan, tentang kabar gembira dan peringatan, dsb. Tentunya tidak akan ada kerugian sedikitpun bagi siapa saja yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, justru pahala berlipat akan menanti untuk mereka yang membaca dan mengamalkannya.

Selagi masih ada waktu dan kesempatan, yuk kita perbaiki lagi dan jaga terus interaksi dan kebersamaan dengan Al-Qur’an!

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316