4 Amalan Dahsyat di Hari Jumat
Amalan Dahsyat di Hari Jumat

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Apa saja amalan dahsyat di hari Jumat yang bisa dikerjakan untuk meraih keistimewaannya?

Sahabat insan dermawan, hari Jumat adalah pemimpin para hari (Sayyidul Ayyam). Hari yang mulia lagi Istimewa sehingga dalam Islam dianjurkan bagi umat Muslim untuk perbanyak amal soleh, salah satunya dengan mengerjakan sunnah-sunnah di hari Jumat agar mendapatkan keberkahannya.

Amalan Dahsyat di Hari Jumat

Amalan Dahsyat di Hari Jumat

Berikut adalah amalan-amalan sunnah yang dapat dikerjakan di hari Jumat, yaitu:

1.Perbanyak istighfar

    Jadikan bacaan istigfhar sebagai amalan andalan. Pagi, siang, sore dan malam perbanyak istighfar. Sesuai janji Nabi atas fadhilah istighfar, segala kesempitan hidup akan diberikan kelapangan, diberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Tidak ada yang bisa menolong kita kecuali Allah. Tidak ada yang bisa menenangkan Allah. Maka itu perbanyaklah mengingat Allah, ingat dosa kepada Allah Ta’ala atau pun kepada sesama. Istighfar itu artinya memohon ampunan dosa. Cara untuk memohon ampun ada tiga yaitu menyesal dalam hati, diucapkan dengan lisan, tekad kuat untuk tidak Kembali kepada dosa selamanya.

    2.Bershalawat kepada Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam

    Amalan Dahsyat di Hari Jumat

    Banyak sekali keutamaan bershalawat kepada Nabi Muhammad. Di antara keutamaan itu ada dalam hadist,

    مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

    “Barang siapa di antara umatku yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

    Banyak bershalawat kepada Rasulullah SAW. Allahumma shalii ala sayyidina Muhammad wa ala aali Muhammad. Bisa juga dengan lafadz shalawat lainnya.

    3.Bersedekah

    Amalan Dahsyat di Hari Jumat

    Sedekah adalah amalan yang mengandung banyak keistimewaan. Sedekah dapat menolak bencana sebagai salah satu dari fadhilahnya.

    Rasulullah Saw, bersabda yang artinya: Bersegeralah kamu bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. (HR. Imam Baihaqi).

    Baca juga: Keutamaan hari Jumat dan Amalan Sunnahnya

    Imam Syafii dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”, meriwayatkan hadits berikut:

     “Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239)

    4. Mengajak berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran

    Amalan Dahsyat di Hari Jumat

    Hendaknya kita takut kepada Allah dengan tidak berbuat zalim dan kemungkaran. Maka penting amar makruf nahi mungkar. Ajak orang berbuat baik dengan ajak shalat berjamaah di Masjid, membaca Al-Quran seperti surah Al-Kahfi, berzikir, bersedekah, dsb. Kemudian ajak untuk orang menjauh dari perbuatan keji dan mungkar seperti berdusta, gibah, namimah, dsb.

    Selain keempat amalan dahsyat di hari Jumat yang disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi amalan sunnah yang bisa dikerjakan untuk meraih rahmat dan ridha Allah Ta’ala. Apapun amal soleh yang dikerjakan, Insya Allah bila dikerjakan dengan hati yang ikhlas semua akan mendatangkan kebaikan dan keberkahan.

    Mari sahabat, lengkapi amalan-amalan hari Jumat dengan sedekah Jumat melalui UCare Indonesia!

    More
    articles