4 Manfaat Zakat Online untuk Masyarakat, Sudah Tahu?
Cara Mudah Sedekah Subuh

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Adanya digitalisasi membawa perubahan di antaranya dengan zakat online. Secara tak langsung, zakat online tak hanya memudahkan tapi juga membawa dampak positif dalam prakteknya.

Zakat Online: Kemajuan Digitalisasi

Bicara zakat, zakat merupakan salah satu pilar penting dalam ajaran Islam yang mana setiap Muslim diperintahkan untuk memberikan sebagian harta mereka kepada yang berhak menerimanya. Seiring dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi, zakat online menjadi alternatif yang semakin populer bagi para muzakki (pemberi zakat) dalam menyalurkan kewajiban keagamaan mereka. Selain itu, tidak hanya memberikan kemudahan administrasi, tetapi juga memiliki dampak positif yang luas dalam penyaluran zakat dan pemberdayaan masyarakat.

Apa Manfaat Zakat Online Bagi Masyarakat?

1. Kemudahan Administrasi

Salah satu manfaat utama adalah kemudahan administrasi. Dulu, muzakki (orang yang berzakat) harus mendatangi lembaga zakat atau mengirimkan zakat melalui perantara. Namun, dengan zakat online, proses pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui platform online, contohnya bantusesama.co. Dengan platform tersebut, muzakki dapat membayar zakat dengan beberapa klik saja, bahkan tanpa harus keluar rumah.

2. Transparansi dan Akuntabilitas

Platform zakat sendiri sering kali menyediakan laporan transparan mengenai penggunaan dana zakat. Para muzakki dapat melacak bagaimana dana zakat mereka digunakan dan untuk program apa saja. Ini meningkatkan rasa percaya dan keyakinan muzakki bahwa zakat mereka benar-benar disalurkan kepada yang berhak dan digunakan dengan tepat sasaran.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Pengelolaan Zakat Melalui Lembaga Zakat

3. Menjangkau Lebih Luas

Zakat online memungkinkan jangkauan kepada calon-calon muzakki tersebar lebih luas. Hal ini tentunya memberikan manfaat besar bagi para muzakki yang hendak berzakat namun terkendala jarak dan waktu untuk menunaikannya. Kehadiran platform zakat tentu dapat meringankan dan memudahkan para calon muzakki.

4. Meningkatnya Kesadaran dan Partisipasi

Zakat online dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam berzakat. Dengan platform yang mudah diakses, lebih banyak orang dapat terlibat dalam membantu sesama. Ini juga dapat menjadi sarana edukasi tentang pentingnya zakat dalam Islam dan bagaimana zakat dapat memberikan dampak positif pada kehidupan banyak orang.

Pastikan Memilih Platform Zakat Online Terpercaya

Namun yang perlu diingat bahwa dalam memilih platform zakat online, penting untuk memastikan bahwa platform tersebut bekerja sama dengan lembaga zakat yang terpercaya dan memiliki akuntabilitas yang baik. Meskipun teknologi memberikan kemudahan, tetapi integritas dan transparansi tetap harus dijaga dalam penyaluran zakat.

Sahabat, dengan memanfaatkan platform zakat dengan bijak, umat muslim dapat lebih mudah menjalankan kewajiban agama dan secara bersama-sama membantu membangun masyarakat yang lebih baik, khususnya sebagai jalan untuk mengentaskan kemiskinan.

Mari nikmati kemudahan berzakat, infak dan sedekah melalui bantusesama untuk membantu bapak/ibu dalam menunaikan zakat.

More
articles