4 Sifat Wajib Rasul yang Perlu Diteladani

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Para Nabi dan Rasul adalah manusia-manusia terbaik yang telah dipilih oleh Allah SWT. Tentunya hal tersebut menjadikan para Nabi dan Rasul memiliki kemuliaannya tersendiri. Selain karena para Rasul juga mengemban amanah untuk berdakwah maka ada sifat wajib yang harus dimiliki para Rasul.

Berikut adalah 4 sifat wajib yang dimiliki seorang Rasul, yaitu:

  1. Shiddiq (Jujur)

 Setiap Rasul sudah pasti jujur dan benar dalam perbuatan ataupun perkataannya. Baik wahyu ataupun kabar yang telah diterima dari Allah tak boleh diubah, baik dikurangi maupun dilebihi. Sifat ini juga sangat melekat pada diri Rasulullah SAW. Sehingga apa yang disampaikan tentu benar apa adanya.

Allah SWT berfirman dalam Alquran, artinya:

“Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah,” (QS. al-Hasyr:7)

2. Amanah (Dapat Dipercaya)

Sebagaimana sifat jujurnya, maka seorang rasul wajib memiliki sifat amanah yang artinya dapat dipercaya. Jadi segala perbutan dan perkataan yang dilakukan pasti dipercayai.

Allah SWT berfirman, artinya:  “Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu.” (QS. Asy-Syu’ara’ :143)

Baca artikel lainnya: 4 Alasan Mencintai Rasulullah SAW

3. Tabligh (Menyampaikan)

Seorang Rasul memiliki kewajiban untuk menyampaikan apa-apa saja wahyu yang telah Allah SWT sampaikan kepada manusia. Dalam hal ini termasuk urusan dan hukum-hukum agama bagi seorang muslim.

Allah SWT berfirman, artinya: “(yaitu) orang-orang yang menyapaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan mereka tiada merasa takut kepada seorang(pun) selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pembuat Perhitungan.” (Qs. Al-Ahzab: 39)

4. Fathonah (Cerdas)

Melekat dalam diri sifat yang harus ada dan wajib dimiliki seorang Rasul adalah kecerdasan. Sehingga kecerdasan tersebut erat kaitannya dalam misi suci untuk menyampaikan dakwah. Di tambah lagi, dengan berbagai tantangan yang datang para Rasul juga dituntut untuk cepat dalam mengambil keputusan dalam peran yang dijalani.

Allah SWT berfirman, artinya: “Dan itulah hujah Kami yang Kami berikan kepada Ibrahim untuk menghadapi kaumnya.” (Q.S. Al-An’am: 83).

Nah sahabat, itu dia 4 sifat wajib yang harus dimiliki seorang Rasul. Yuk, kita teladani dan amalkan untuk kehidupan kita sehari-hari!

Jika bermanfaat, silahkan bagikan ke keluarga dan teman-temanmu yaaa…

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316