5 Rekomendasi Resolusi Tahun Baru Islam

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Gak berasa kini sudah masuk ke akhir tahun 1442 Hijriyah. Seperti kebiasaan banyak orang pada umumnya, selain muhasabah akhir tahun, biasanya banyak orang yang membuat resolusi yang ingin dicapai di tahun berikutnya.  Dengan resolusi, maka diharapkan dapat membuat seseorang lebih termotivasi dan lebih baik untuk menata berbagai perencanaan di tahun berikutnya.  

Bicara tentang resolusi. Sebenarnya, apa sih resolusi itu?

Menurut KBBI, resolusi/re·so·lu·si/ /résolusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Berhubung tahun baru hijriyah 1443 H jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Maka hari ini, sahabat sudah mulai bisa membuat berbagai resolusi untuk kebaikan diri sendiri ataupun orang-orang di sekitar. Mulai dari perencanaan untuk ibadah yang lebih baik, akhlak, komitmen, pendidikan, dan sebagainya.

Berikut ini 5 rekomendasi resolusi tahun baru islam yang bisa kamu coba!

1. Lebih berbakti kepada orang tua

Orang tua baik ayah atau ibu, keduanya berhak mendapatkan segala penghormatan dan bakti dari anak-anaknya. Dari Rahim ibulah kita dilahirkan. Tak sampai disitu, kita diberikan ASI, dibesarkan dengan kasih sayang, diberikan pendidikan dan pengetahuan, hingga selalu menjadi yang terdepan untuk anak-anaknya. Bukan hanya ibu, ayah juga berhak mendapatkan perlakuan yang layak, perlakuan terbaik dari anak-anaknya karena beliau telah menafkahi kita, anak-anaknya.  Karenanya, lebih berbakti kepada orang tua bisa masuk ke dalam resolusi tahun baru islam.

2. Shalat lebih tepat waktu

Shalat adalah tiang agama. Shalat adalah ibadah wajib, yang masuk ke dalam rukun islam. Shalat amal pertama yang akan dihisab di hari akhir nanti. Namun pada realitanya, tidak sedikit yang sering kali terlambat untuk mengerjakan shalat karena kesibukan sehingga menunda-nunda shalat sampai akhir waktu. Tentu seorang mukmin tidak ingin kesalahan ini berlaku terus menerus. Karenanya, shalat tepat waktu bisa masuk ke dalam resolusi tahun baru nanti.

3. Menutup aurat dengan baik

Sebagai seorang muslim, tentu ada keinginan dalam hati untuk terus memperbaiki diri dengan baik, seperti menutup aurat ataupun menggunakan hijab. Bila tahun kemarin, masih ragu ataupun takut dan malu untuk berhijab, sekarang waktunya dilawan semua ketakutan itu dan berhijrah untuk menggunakan hijab dengan baik, menutup aurat dengan sempurna. Bagi kamu kaum hawa, yuk waktu yang tepat buat kamu bersegera berhijab di tahun ini. Bagi yang sudah berhijab dan ingin lebih baik, jangan tunda juga ya!

4. Lebih dekat dengan Al-Qur’an

Sebaik-baik manusia adalah mereka yang mau untuk mempelajari Al-Qur’an. Lebih memperhatikan interaksi kepada Al-Qur’an.


خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
Khoirukum man ta’allamal qur’aana wa’allamahu (HR Bukhori)
Sebaik-baik orang di antata kamu adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.  

Karenanya, lebih dekat dengan Al-Qur’an bisa masuk ke dalam daftar resolusi kamu di tahun ini. yang biasanya kemarin masih jarang untuk membaca Al-Qur’an, di tahun berikutnya kamu bisa untuk lebih sering, lebih dekat, dan lebih gemar untuk berduaan dengan Al-Qur’an.

5. Memperbaiki akhlak agar lebih baik

Sebagaimana Rasulullah yang diutus sebagai teladan umat islam agar memiliki akhlak yang baik, itu pulalah yang bisa menjadi target utama kita agar bisa memiliki akhlak atau adab yang lebih baik untuk bergaul di tengah manusia.  Sebagaimana dalam hadist disebutkan,

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

Artinya: “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya” (HR At-Tirmidzi no.1162)

Yap, itu dia 5 resolusi yang bisa kamu catat dan dijadikan motivasi untuk lebih semangat dan lebih bergelora lagi dalam menggerakkan gelombang kebaikan. Jangan puas di 5 resolusi itu, sahabat juga bisa membuat resolusi lainnya seperti lebih hobi bersedekah. Yang mau bersedekah hari ini, silahkan langsung klik di sini.

Selamat mencoba teman-teman!

Referensi: KBBI (https://kbbi.web.id/resolusi)

More
articles