Kemuliaan Hari Jumat dan Sunnah-sunnah yang Bisa Dilakukan

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Hari Jumat adalah hari yang istimewa. Tahu kenapa? Karena hari Jumat kerap kali disebut sebagai Sayyidul Ayyam (Pemimpin Para Hari). Bukan berarti hari lainnya tidak bagus, semua bagus. Namun hari Jumat memiliki keistimewaannya sendiri.

Diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadits, yang artinya:

Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat“.

Jadi ada 5 keutamaan di hari Jumat, di antaranya:

  1. Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi
  2. Hari wafatnya Nabi Adam as
  3. Ada satu waktu di Hari Jumat, yang mana bila meminta sesuatu akan Allah kabulkan doanya
  4. Hari dimana terjadinya Hari Kiamat
  5. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat

Di samping keistimewaannya, ada amalan-amalan sunnah juga yang dapat dilakukan pada hari Jumat, seperti:

  1. Membaca surat Al-Kahfi

Salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca adalah surat Al-Kahfi di hari Jumat. Keutamaannya disamping mengharap ridho Allah, juga dapat terhindar dari fitnah dajjal.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi).

  • Perbanyak Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Banyak bershalawat kepada Rasulullah juga merupakan sunnah lain yang dapat dikerjakan di hari Jumat. Bahkan keutamaan shalawat juga bisa menjadi penolong yang membacanya. Dalam hadist disebutkan, Rasulullah SAW bersabda:

أكثروا الصلاة علي ليلة الجمعة ويم الجمعة فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا ـ رواه البيهقي بإسناد جيد

Artinya: “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali,” (HR Baihaqi).

  • Memakai wewangian, menggunakan pakaian terbaik saat Shalat Jumat di masjid

Selain itu, di hari Jumat juga dianjurkan untuk memberikan penampilan terbaik. Dalam QS. Al-Araf ayat 31. Allah SWT berfirman, yang artinya: “Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

  • Memotong kuku, mencukur kumis, dan bersiwak

Sunnah jumat lainnya seperti memotong kuku, mencukur kumis dan bersiwak. Bahkan para sahabat dan tabiin juga memiliki kebiasaan untuk memotong kuku di hari Jumat.

Dalam sebuah hadits riwayat Baihaqi dan At-Thabrani, Rasulullah SAW selalu bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis setiap hari Jumat, tepatnya sebelum beliau berangkat ke masjid.

كان يقلم أظافره ويقص شاربه يوم الجمعة قبل أن يخرج إلى الصلاة

Artinya: “Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi salat jumat.” (HR Baihaqi dan At-Thabrani)

  • Banyak bersedekah

Bersedekah di hari Jumat juga merupakan salah satu amalan yang sangat baik untuk dikerjakan. Apalagi, bersedekah di hari Jumat memiliki keutamaannya sendiri.

Disebutkan bahwa Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah hari Jumat. Beliau berkata; “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Nah, dari sekian amalan yang ada tentu banyak hal yang bisa sahabat lakukan.

Yang ingin sedekah Jumat dan berbagi dengan anak yatim, silahkan sedekah di sini!

More
articles