Hati-hati! Inilah 6 Perkara yang Bisa Merusak Amal!
Perkara yang Bisa Merusak Amal

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Hati-hati, hindari 6 perkara yang bisa merusak amal ini agar jangan sampai dilakukan! Apa sajakah 6 perkara tersebut?

Seorang muslim harus tetap melakukan muhasabah, karena pada dasarnya ibadah ialah satu keseluruhan. Maka bila saja dirusak oleh satu atau hal-hal di luar ibadah, dikhawatirkan akan membuat amalan ibadah itu rusak. Karenanya, penting bagi setiap insan agar mengetahui kemudian menjauhi segala macam hal yang bisa merusak amalan ibadah, agar jangan sampai ada penyesalan di hari kemudian.

6 Perkara yang Bisa Merusak Amal

Perkara yang Bisa Merusak Amal

Diriwayatkan oleh Imam Ad-Dailami, dari rawinya Imam Adi bin Hatim. Bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:
”Enam perkara yang bisa melebur amal kebaikan, yakni sibuk mencari aib orang lain, keras hati, terlalu cinta dunia, sedikit rasa malu, panjang lamunan atau khayalan, dan kedzaliman yang tidak pernah berhenti.“
Sehingga 6 perkara tersebut bila dilakukan, berpotensi untuk merusak amalan ibadah yang telah dikerjakan. Naudzubillahi min dzalik.


Penjelasan 6 Perkara yang Bisa Merusak Amal

Perkara yang Bisa Merusak Amal
  1. Al Istghlal bi’uyubil kholqi (Seseorang yang terlalu sibuk mencari-cari aib dan kekurangan orang lain)

Sekarang ini oleh budaya kita, mencari dan membicarakan orang lain, bukan lagi hal tabu. Semua dikorek, bahkan tak sedikit berakhir dengan fitnah. Itu merusak nilai amal yang kita kerjakan. Sibuk dengan mencari aib orang lain, lalu lupa dengan kekurangan diri sendiri.

Beruntunglah orang yang kekurangan pada dirinya menyebabkan dia sibuk dan tidak sempat lagi mencari-cari kekurangan orang lain. Celaka benar orang yang sibuk mencari kekurangan orang lain hingga melupakan aib dan kekurangan diri sendiri.

  1. Qaswatul qulub (keras hati)

Hatinya itu kasar, keras. Maka beruntunglah jika saat ini, Allah SWT anugerahkan kita berupa hati yang lembut, peka dan cepat menerima kebenaran. Sebuah contoh sayyidina Umar bin Khattab diberikan hati yang keras, tapi mudah menerima kebenaran, cepat menerima kebenaran. Maka benar kata sabda baginda Nabi SAW, bila hatinya baik, maka baik semuanya.

  1. Hubbun Dunya (Terlalu cinta kepada dunia)
Perkara yang Bisa Merusak Amal

Karena cinta kepada dunia bukan hal yang salah, sepanjang dunia itu dijadikan sebagai alat untuk mencapai tujuan jangka panjang yakni akhirat dan Ridha Allah. Tapi jika terlalu cinta kepada dunia hingga sulit melepasnya, maka ini bisa merusak amal. Kalau kehidupan kita digantungkan pada cinta dunia berlebihan (cinta pangkat, jabatan, harta, pujian, dsb). Maka jika itu berlebihan, kita akan cenderung melakukan hal-hal yang bisa membuat gelap hati dan pikiran karena menghalalkan segala cara.

Baca juga: Zakat Sebagai Ibadah Maaliyah yang Membawa Keberkahan

  1. Qillatuh haya’ (Sedikit rasa malu)

Budaya malu saat ini seakan begitu tipis. Hal-hal tabu seringkali dilakukan orang-orang secara biasa, bahkan di muka umum. Saat ini hal-hal tersebut dilakukan biasa. Padahal rasa malu merupakan bagian dari iman. Jika kurang rasa malu, maka kurang syarat nilai-nilai keimanan.

  1. Thulul Amal (Terlalu Panjang angan-angan)

Hidupnya terlalu muluk-muluk dengan cita-cita. Boleh saja cita-cita digantungkan di langit, tapi kaki harus tetap berpijak di dumi. Jangan sampai kita hidup melamun, tanpa adanya usaha ikhtiar.

  1. Dzulmun La Yantahi (Perbuatan zalim yang tidak sanggup kita hentikan)

Zalim berasal dari kata zalama (kegelapan). Kita terlahir suci, tapi kita hitamkan diri dengan perbuatan-perbuatan buruk yang dilakukan. Maka itu, jangan sampai kita berlaku zalim terhadap diri, apalagi kepada orang lain.

Sahabat, itulah tadi 6 perkara yang bisa merusak amal. Mudah-mudahan dengan mengetahuinya, menjadikan kita untuk senantiasa berhati-hati dalam berbicara, berpikir dan berperilaku agar jangan sampai hal-hal tersebut justru mencoreng, melukai ataupun merusak amalan ibadah yang telah dilakukan.

Wallahu’alam bish shawab.

More
articles