7 Tips Mengelola Gaji di Masa Pandemi

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Assalamualaikum, siapa yang habis gajian nih? Perasaanya gimana sahabat? Hihihi. Ngga usah ditanya ya, pastinya bersyukur banget dong. Waktunya gajian emang bikin hati happy ya, sahabat? Rasanya kebutuhan-kebutuhan yang udah masuk daftar anggaran, kaya ga sabar minta buat dituntaskan. Tapi, bukan berarti gaji yang masuk bisa dikeluarkan dengan cuma-cuma ya sahabat.

Karena bagaimanapun, semua pendapatan yang masuk bila tidak dikelola dengan baik, akan cepat terasa habisnya. Ujung-ujungnya, alokasi dana yang sudah dianggarkan hanya tinggal catatan saja.

Sekarang dimasa pandemi, berapapun pendapatan yang sahabat dapatkan harus bica tercatat dan terpantau dengan baik. Ngga mau kan gajian tiba-tiba habis gitu aja tanpa jejak, sahabat? Jangan sampai belanja onlinenya lebih besar dari pada prioritas utamanya ya. Heheheh.

Yaps, sebelum gaji kamu habis dan bikin kamu meringis-ringis, coba dulu yuk kelola gaji dengan tips-tips di bawah ini:

  1. Catat anggaran pengeluaran

Bagi sebagian orang pencatatan anggaran pengeluaran itu cukup sulit. Nyatanya, tidak sedikit orang-orang yang menerapkannya justru merasa tertolong dan terbantu bila rutin mencatat pengeluaran. Dengan tahu berapa pendapatan bulanan dan mencatat dengan baik kemana saja pengeluaran, tentunya akan terpantau kemana saja alokasi yang ia keluarkan. Alhasil, pengeluaran yang tidak  begitu penting akan diminimalisirkan demi terjaganya keuangan di masa pandemi.

  1. Catat skala prioritas pengeluaran

Jika sahabat urutkan skala prioritas, pastinya akan sangat terbantu dalam mengalokasikan pengeluaran mana yang lebih utama dan mana yang tidak. Mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dikesampingkan, akan cukup membantu sahabat dalam mengelola gaji di masa pandemi ini.

  1. Jangan mudah berhutang

Stop berhutang! Tahan diri untuk tidak berhutang sebisa mungkin. Karena hutang sekecil apapun akan memberikan dampak kepada yang berhutang. Untuk itu, jika tidak ada keperluan darurat, maka tidak perlulah berhutang. Apalagi jangan sampai membiasakan diri untuk berhutang.

  1. Siapkan dana untuk infaq dan sedekah

Agar tetap bertahan, memang kita perlu untuk mengalokasikan diri untuk keperluan pribadi dan keluarga. Namun jangan biarkan dana infaq, sedekah dan zakat dilewatkan begitu saja. Harta yang dikeluarkan di jalan Allah SWT secara ikhlas dan lillahi ta’ala, akan Allah gantikan dengan balasan yang berlipat ganda.

  1. Simpan sebagian dana darurat

Pentingnya punya dana darurat memang baru berasa ketika kondisi darurat sedang terjadi. Sayangnya, sahabat tidak pernah tahu kapan situasi itu akan terjadi dan kapan dana darurat harus dikeluarkan. Untuk itu penting sekali bila sahabat selalu menyisihkan gaji untuk dana darurat.

  1. Mulai menabung

Menabung itu perlu dan pasti akan sangat berasa dampaknya. Untuk itu biasakan diri menabung berapapun nominalnya. Ayoo, mulai menabung sahabat! Eits, jangan lupa siapkan juga tabungan untuk bekal akhirat yaa.

  1. Dapatkan penghasilan tambahan

Agar tidak hanya mengandalkan pendapatan dari gaji. Sahabat bisa mulai untuk mencari penghasilan tambahan, bisa melalui membuka bisnis/usaha, membuka jasa freelance atau yang lainnya.

Selain pintar mengelola gaji/pendapatan, sahabat juga tidak boleh lupa untuk selalu bersyukur berapapun dan apapun rezeki yang sahabat terima. Karena bagaimanapun, hamba yang terbaik adalah yang senantiasa bersyukur.

Bagi sahabat yang ingin berdonasi untuk kegiatan-kegiatan LAZ UCare Indonesia, sahabat bisa langsung sedekah melalui rekening di bawah ini:

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +6282223339773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

Youtube : Laz Ucare

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316