Belajar Sedekah Subuh dari Syeikh Ali Jaber

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”14018″ img_size=”large” alignment=”center”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text] 

Rasanya duka Ibu Pertiwi masih belum kering setelah tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak di Kepulauan Seribu pada hari Sabtu, 9 Januari 2021. Setelah itu terjadi bencana longsor di Sumedang pada hari yang sama. Setelahnya terjadi bencana banjir yang merendam beberapa daerah di Kalimantan Selatan pada tanggal 12 Januari 2021.

 

Belum usai kesedihan karena bencana alam. Menyusul kemudian berita duka datang dari tokoh ulama besar yaitu wafatnya Syeikh Ali Jaber di RS Yarsi pada hari Kamis, 14 Januari 2021. Dimana beberapa waktu sebelumnya, beliau terkonfirmasi sudah negatif dari Covid-19.

 

Dengan meninggalnya para ulama, artinya Allah mulai mengangkat ilmu diantara manusia. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

“Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak mengangkat ilmu dengan sekali cabutan dari para hamba-Nya, akan tetapi Allah mengangkat ilmu dengan mewafatkan para ulama. Ketika tidak tersisa lagi seorang ulama pun, manusia merujuk kepada orang-orang bodoh. Mereka bertanya, maka mereka (orang-orang bodoh) itu berfatwa tanpa ilmu. mereka sesat dan menyesatkan.“ (HR. Bukhari)

 

Saat Syeikh Ali berpulang ke sisi Allah SWT, kesedihan sangat dirasakan seluruh ummat. Kenangan tentang sosok Syeikh Ali yang shaleh, qanaah, tawadhu lagi berilmu seakan terpatri dalam hati setiap muslim. Ilmu demi ilmu yang diajarkan seakan terus menggema dalam dada.

 

Ada salah satu ilmu yang disampaikan almarhum Syeikh Ali Jaber yang bisa jadi pelajaran untuk kita. Apa itu?

 

Saya kasih satu amalan, InsyaAllah mudah-mudahan bermanfaat. Sedekah subuh. Kenapa saya berkata bersedekah subuh? bukan berarti tidak boleh bersedekah di waktu yang lain. Semua sedekah boleh di setiap waktu dan setiap saat. Di hari Jumat ataupun selain hari Jumat. Tapi sedekah subuh itu termasuk sedekah di waktu yang terbaik. Kenapa? Bukan kata saya, Tapi kata Rasulullah. Karena itu termasuk amalan yang baik. Setiap waktu subuh, malaikat turun tugasnya mendoakan orang yang bersedekah di subuh hari.

 

Ya Allah ganti yang lebih baik bagi orang yang berinfak di subuh hari. Manfaatnya banyak, Untuk menyembuhkan penyakit, mengabulkan hajat, memudahkan urusan, dan tidak pernah saya sampaikan amalan ini semua Alhamdulillah berhasil mendapatkan hajatnya.

 

MasyaAllah sahabat, selama hidupnya beliau rutin untuk mengamalkan sedekah subuh. Sekarang semoga amalan yang Syeikh Ali lakukan selama ini bisa juga kita ikuti dan terapkan dalam kehidupan kita.

 

Rasulullah SAW bersabda,

“Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari malaikat berkata, ‘Ya Allah, berikanlah rezeki kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, kurangkanlah dari yang dimiliki orang yang menahan hartanya’.” (HR Bukhari dan Muslim).

 

Sahabat bisa mulai bersedekah subuh atau bersedekah di waktu lainnya  di LAZ Ucare Indonesia melalui nomer rekening di bawah ini:

 

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

 

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +6282223339773

 

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

Youtube : Laz Ucare

 [/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

More
articles