Amalan Khusus di Hari Jumat Bagi Umat Muslim
Amalan Khusus di Hari Jumat

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Terdapat amalan khusus di hari Jumat bagi kaum muslimin muslimah yang ingin memanfaatkan waktu mulia tersebut. Di antara sekian waktu yang dibentangkan oleh Allah SWT lalu disandingkan kemuliaan yang begitu istimewa di dalamnya yaitu Jumat. Jumat yang ditetapkan oleh Allah sebagai penghulu dari sekian hari. Di hari itu diciptakan ayahanda Nabi Adam as, ditempatkannya beliau di surga untuk menerima pelatihan sebelum menjalani misi di bumi, dan beliau juga membawa sesuatu yang istimewa di bumi yang kelak diwariskan kepada anak cucunya saat ini.

Keistimewaan dan Amalan Khusus di Hari Jumat

Amalan Khusus di Hari Jumat

Ustadz Adi Hidayat dalam kajiannya menyampaikan bahwa Allah memberikan banyak bentangan kemuliaan di siang dan malamnya, bahkan Allah spesifik memberikan kesan keutamaan dengan menurunkan quran surat ke 62 dengan namanya Al Jumuah dan memanggil setiap insan beriman untuk bisa mengoptimalkan ibadah di hari Jumat dengan meningkatkan zikir kepadanya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Jumu’ah: 9)

 

5 Amalan Khusus di Hari Jumat

Amalan Khusus di Hari Jumat

Ustadz Adi Hidayat juga menyampaikan bahwa siang malam di hari Jumat bisa kita isi dengan bentangkan amal sholeh. Adapun amalan khusus di hari Jumat yang bisa dioptimalkan yaitu:

  1. Memperbanyak bacaan Al-Quran

Seluruh ayat Al-Quran adalah surat mulia, tapi ada beberapa surat yang bisa kita optimalkan untuk dibaca terutama di hari Jumat. Di antaranya ada surat Al-Kahfi, surat Yasin, Surat As-saffat, dan tidak lupa memohon kepada Allah perbanyak berdoa setelah tuntas membacanya.

 

  1. Perbanyak sholawat kepada Rasulullah SAW

Diharapkan dengan sholawat itu tidak hanya menambahkan kemuliaan, tapi menambahkan kedekatan dengan Rasulullah dan Allah. Sehingga akan membuka jalan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

 

  1. Mempersiapkan secara sempurna sholat Jumat

Bahkan Nabi mengajarkan kepada kaum Adam untuk sebelum melaksanakan sholat Jumat untuk bersuci telebih dulu, mandi, gunakan wewangian, memperhatikan adab di masjid, solat dengan tenang, dengarkan khutbah dengan fokus. Maka siapa yang bisa menunaikannya, ia berpotensi diampuni dosa-dosanya di antara Jumat.

Baca juga: Seputar Shalat Jumat: Keutamaan, Hukum, Waktu dan Ancaman Bagi yang Meninggalkan

 

  1. Perbanyak doa 

Amalan Khusus di Hari Jumat

Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda,

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

‘Pada hari Jum’at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.’[HR. Abu Dawud]

Ibnul Qayyim berkata,

وهذه الساعة هي آخر ساعة بعد العصر، يُعَظِّمُها جميع أهل الملل

“Waktu ini ini adalah akhir waktu ashar dan diagungkan oleh semua orang yang beragama” [Zadul Ma’ad 1/384]

Waktu ini banyak ragam pendapat dari ulama. Ada yang mengatakan diantara dua khutbah, ada juga yang mengatakan ba’da asar menjelang maghrib. Maka manfaatkan untuk berdoa baik pagi, siang, sore hingga malamnya.  Boleh jadi disanalah waktu-waktu yang dijanjikan terkabulnya doa.

 

  1. Amalan Khusus di Hari Jumat Bagi Umat Muslim dengan Perbanyak sedekah

Amalan Khusus di Hari Jumat Bagi Umat Muslim

Sedekah untuk menghiasi keberkahan di hari Jumat bisa berupa harta benda, makanan, pakaian atau apapun yang bisa dibagi kepada sesama. InsyaAllah ini mengundang keberkahan dan kebaikan bagi yang melaksanakannya.

Baca juga: 5 Manfaat Sedekah Jumat yang Tidak Boleh Terlewat

Selamat memperbanyak amalan sunnah, semoga menjadi penghapus dosa-dosa yang telah dilakukan.

More
articles