Ancaman Bagi yang Tidak Mau Membayar Zakat

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Ketika Allah SWT telah memberikan kewajiban kepada hamba-hambaNya, maka sudah seharusnya seorang hamba mengerjakannya. Termasuk menunaikan zakat, bagi seorang muslim yang telah memenuhi syarat maka ia wajib untuk mengeluarkannya. Tapi, bila ada seorang hamba yang enggan dan tidak mau menunaikan zakat, maka ada ancaman keras yang datang langsung dari Allah SWT.

Disebutkan dalam Surat At-Taubah ayat 34, artinya:

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At-Taubah: 34)

Juga disebutkan dalam Surat Ali Imran ayat 180, artinya:

Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ali Imran: 180)

Tidaklah seseorang mengira, bahwa harta benda akan bersifat kekal. Termasuk kekayaan dan kemewahan yang ia miliki di dunia tidak akan membawa manfaat, kecuali dialirkan kepada jalan kebaikan seperti perintah berzakat.

Baca artikel lainnya: Cara Mudah Menghitung Zakat Profesi

Sayangnya, bagi mereka yang enggan atau menolak untuk membayar zakat maka kelak di akhirat mereka akan mendapatkan siksaan yang pedih sebagai balasan atas kebakhilan. Bahkan siapa saja yang tidak mau menunaikan zakat dan tidak meyakini kewajibannya, maka dia termasuk golongan yang murtad dan menjadi kafir.

Salah satu dari generasi salaf, yang juga pemimpin Bani Tamim, Ahnaf bin Qais pernah berkata:

“Ketika kami berkumpul dengan orang-orang Quraisy, tiba-tiba berlalu Abu Dzar Al-Ghifari sambil berkata kepadaku, ‘Kabarkanlah kepada mereka, bahwa mereka akan dipanggang dengan besi panas yang ditusukkan dari punggung sampai menembus keluar dari lambung, dan ditusukkan pada tengkuk hingga menembus dahi, bila mereka banyak memiliki harta kekayaan namun tidak mau mengeluarkan zakatnya’.”

Itulah balasan sekaligus gambaran bagi mereka yang enggan membayar berzakat. Naudzubillahi min dzalik. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang menunaikan zakat dengan baik.

Yuk, tunaikan zakatmu sekarang melalui nomer rekening:

BSI (BSM) 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Untuk Konfirmasi dan Informasi ke:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316