Pelajaran Hidup dari Permainan di Film Squid Game
squid game

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Baru-baru ini jagad media maya tengah ramai membicarakan film Squid Game, yang mengisahkan tentang sebuah game yang berisi tentang permainanan masa kecil dan diikuti oleh lebih dari 456 peserta dengan latar belakang dan kisah hidup yang berbeda-beda. Tapi satu kesamaan dari seluruh peserta adalah mereka merupakan orang-orang yang memiliki masalah karena hutang dalam nominal yang besar sehingga sangat-sangat membutuhkan uang.

Dari kisah ini, jika seseorang sudah terdesak karena sesuatu maka dia akan berupaya keras untuk mencapai apa yang diinginkan, sekalipun harus berurusan dengan nyawanya. Itulah yang dirasakan oleh para peserta di Squid Game. Mereka berupaya keras untuk mendapatkan uang sebesar 45,6 miliar won atau setara 549 miliar rupiah.

Lalu, apa saja pelajaran yang bisa diambil dari setiap permainan di film Squid Game?

  1. Game Red Light, Green Light: Di bagian ini, para pemain hanya boleh bergerak pada lampu hijau. Jika lampu merah maka mereka harus berhenti. Jika ada kesalahan dan terdeteksi, maka akan dieliminasi. Pelajaran yang bisa diambil adalah kita harus bersikap hati-hati terhadap sesuatu, seperti saat berbicara dan bersikap. Karena baik dan buruknya akan kembali ke diri kita sendiri.
  2. Game gulali: Di game ini, mereka harus melepaskan gulali dengan bentuk yang mereka pilih. Tak boleh patah apalagi rusak. Pelajarannya adalah dalam hidup kita harus memilih. Lalu setelah memutuskan pilihan tersebut, tugas kita adalah menjalankannya dengan baik dan penuh dengan komitmen dan disiplin. Serta tidak gegabah dalam menjalankannya.
  3. Games Tarik tambang: Dari bagian Tarik tambang ini, para pemain harus memiliki tim. Dan masing-masing tim akan diadu. Mereka yang kalah akan terjatuh dari ketinggian. Pelajaran yang bisa diambil adalah kita sebagai makhluk sosial, tidak bisa berdiri sendiri. Kita akan selalu butuh orang lain untuk membersamai kita. Serta tidak boleh untuk menilai seseorang dari fisiknya saja. Karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, karenanya bersama akan saling menguatkan. Serta pasang strategi agar tercapai apa yang dituju.
  4. Games kelereng: dari game ini kita menyadari, bahwa ujian datang kadang tak terduga. Tugas kita adalah belajar lapang dada, serta harus selalu berpikir optimis dan jernih dalam menjalankan sesuatu. Serta jangan lupa untuk husnuzon terhadap takdir Allah SWT.
  5. Games jembatan kaca: Cerita di bagian ini cukup mendebarkan, karena tantangannya harus melewati kaca asli dan palsu. Sehingga jika salah, langsung jatuh bersama kepingan kaca. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah untuk melangkah dalam hidup ini harus didampingi ilmu dan belajar dari pengalaman orang lain. Serta jangan takut untuk belajar dari kesalahan. Karena sejatinya, kita melangkah harus dengan kehati-hatian dan ilmu.
  6. Games cumi-cumi: di bagian terakhir ini, para pemain yang tersisa akan flash back dengan masa kecil mereka. Dari games ini, kita dapati pelajaran bahwa selama hidup kita harus bangkit, apapun situasi dan kondisinya. Terus bergerak dan melangkah dengan optimis. Serta tidak lupa untuk dampingi dengan berdoa kepadaNya.
Hidup ini Hanyalah Permainan

Dan yang paling penting, Squid Game menyadari bahwa memang hidup ini adalah permainan. Dan semua yang ada di dunia ini juga permainan. Tugas kita sebagai pemain hanyalah melakukan yang terbaik dan beribadah yang terbaik, karena sebaik-baik bekal adalah taqwa.

Seperti Squid Game, jangan sampai kita ditipu dan terlena dengan “permainan” ini. Mari siapkan bekal iman dan islam terbaik, sempurnakan dengan banyak beramal sholeh.

Hari baik untuk sedekah Jumat, yuk kita banyak bersedekah dan berbuat baik hari ini!

Sedekah Online klik di sini!

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316