Doa Agar Terhindar dari Bahaya Penyakit ‘Ain
Doa Agar Terhindar Dari Bahaya Penyakit 'Ain

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Bahaya ‘ain memang tidak perlu diragukan lagi. Ain terjadi akibat adanya hasad (iri, dengki) terhadap nikmat yang ada pada orang lain. Sehingga dengan pandangan yang disertai rasa hasad tersebut, ini bisa menyebabkan penyakit ‘ain. Gangguannya bisa berupa penyakit, kerusakan hingga kematian.

Dijelaskan oleh Al Lajnah Ad Daimah:

مأخوذة من عان يَعين إذا أصابه بعينه ، وأصلها : من إعجاب العائن بالشيء ، ثم تَتبعه كيفية نفْسه الخبيثة ، ثم تستعين على تنفيذ سمها بنظرها إلى المَعِين

“Ain dari kata ‘aana – ya’iinu yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respon jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut” (Fatawa Al Lajnah Ad Daimah, 1/271).

Bahaya ‘ain bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Karena pandangan yang buruk disertai rasa iri hati, hasad, dan dengki bisa mengakibatkan efek buruk kepada yang dilihat. Contoh ada dua orang tetangga, A dan B. Suatu Ketika A melihat tetangganya si B yang tiba-tiba sepulang kerja membawa mobil mewah, disertai dengan membawa banyak bingkisan. Seminggu berikutnya si B renovasi rumah besar-besaran. Karena keberuntungan yang dimiliki si B, rupanya membuat si A tanpa sadar memiliki rasa dengki. Awalnya kagum dengan berbagai hal yang diperoleh si B, namun lambat laun membuat A merasa gemuruh di dada. Sesak dengan rasa iri yang menyelimuti. Inilah yang kemudian bila si A memandang B, tanpa sadar memberikan bahaya ‘ain.

Meskipun hanya sekedar pandangan, tapi ‘ain adalah pandangan berbahaya yang memang benar adanya. Bahkan sudah ada sejak zaman Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

العين حق، ولو كان شيء سابق القدر سبقته العين

“Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu yang bisa” (HR. Muslim no. 2188).

Karenanya mari lindungi diri & keluarga dari bahaya ‘ain! Dengan banyak berdoa dan bentengi dengan beramal sholeh. Serta hindari kebiasaan untuk membicarakan atau membanggakan segala hal yang dimiliki ataupun diperoleh kepada orang lain. Karena boleh jadi, hal-hal yang dibanggakan adalah yang sedang diharapkan atau diinginkan oleh orang yang mendengarnya. Sehingga lebih baik untuk menjaga hati saudara.

Baca artikel lainnya: Berhenti Menyalahkan Alam, Mulai Berbenah Demi Perubahan

Bicara tentang bahaya ‘ain, Rasulullah SAW memberikan doa untuk umatnya agar diberikan perlindungan Allah SWT atas penyakit ain:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua Setan, Binatang yang beracun dan ‘Ain yang menyakitkan” (HR al-Bukhari).

Semoga kita semua dihindarkan dari  bahaya ‘ain dan penyakit lainnya. Aamiin.

Lengkapi ikhtiar agar terhindar dari bahaya ‘ain lewat sedekah dan infaq terbaik di sini https://donasi.ucareindonesia.org/

atau gunakan layanan transfer sesama bank melalui:

Mandiri 167 000 2432 085
BSI 685 664 7010
BCA 066 327 1960
A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi dan konfirmasi melalui:
Telp. (021) 8896 0316
Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:
Instagram : @lazucare
FB : UCare Indonesia
Twitter : @ucareindonesia
You Tube : LAZ UCare
Telegram : https://t.me/UCareIndonesia
Website : https://www.ucareindonesia.org
Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/
Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316