Doa Niat Qurban untuk Diri Sendiri

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Sebelum melaksanakan qurban pada Hari Raya Idul Adha nanti, umat Muslim wajib melafalkan atau mengucapkan niat qurban untuk diri sendiri terlebih dahulu. Setelah niat diucapkan, barulah proses penyembelihan bisa dilakukan. Tanpa adanya niat, qurban tidak bisa dilakukan dengan sempurna. Bahkan, boleh dikatakan qurban tersebut tidak diterima.

Menghafalkan niat qurban untuk diri sendiri gunanya adalah untuk menghindari adanya ibadah qurban yang tidak sempurna. Setelah menghafalkan dan memahami niat untuk diri sendiri, maka selanjutnya bisa untuk mempelajari niat qurban untuk orang lain.

Doa Niat Qurban untuk Diri Sendiri

Dalam buku Panduan Qurban dari A Sampai Z: Mengupas Tuntas Seputar Fiqh Qurban karangan Ammi Nur Baits, 2015, dijelaskan niat qurban. Niat qurban bisa dilakukan dalam hati mulai tanggal 1 Dzulhijjah.

Saat Anda sudah memiliki hewan qurban maka saat itu juga Anda boleh berniat untuk berqurban dalam hati. Nantinya saat menyembelih hewan qurban kita tidak perlu mengulang niat lagi. Cukup mengucapkan Basmallah, Takbir, Sholawat, dan Doa menyembelih kurban.

Ucapan niat qurban untuk diri sendiri:

نويت أن أاضحي للهِ تَعَالى

Dalam bahasa latinnya:Nawaitu An Udhahhi Lillaahi Ta’ala.Artinya adalah: Saya niat berkurban karena Allah Ta’ala.

More
articles