Hikmah dari Nuzulul Quran yang Menjadi Pembelajaran
Sunnah Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Nuzulul Quran jatuh pada malam ke 17 Ramadan. Adapun 17 Ramadan tahun ini jatuh pada Sabtu, 8 April 2023. Sementara malam Nuzulul Qur’an akan terjadi pada Jumat (7/4) malam hingga Sabtu (8/4) dini hari. (source: cnnIndonesia)

Setiap muslim tentu menyadari betapa istimewanya peristiwa Nuzulul Quran, satu hari yang penuh dengan kemuliaan dan membawa perubahan dalam kehidupan umat Islam.

“Nuzulul quran tercatat sebagai peristiwa penting karena ada perubahan sejarah manusia, yang mana dari kehidupan yang gelap menuju cahyaa, dari penuh kezaliman menjadi damai lagi penuh rahmat lilalamin. Itu karena kemuliaan dari turunnya Alquran. Allah menurunkan ayat pertama kepada Nabi Muhammad saw di malam lailatul qadar. Namun ulama menjelaskan di malam 21 lailatul qadar turunnya firman Allah SWT surat Al-Alaq ayat 1-5” Terang Syekh Ali Jaber Rahimahullah dalam kultum Ramadan.

Ulama juga menjelaskan tahap turunnya Alquran ada 2. Pertama turunnya al quran adalah sejarah keseluruhan dari lauhil mahfudz yang ada di langit ke tujuh sampai ke langit dunia (langit satu) yang dinamakan Baitul izzah disitulah turunnya Alquran secara keseluruhan. Mulai dari Baitul izzah, maka mulai turunnya Alquran bertahap sesuai dengan apa yang ditentukan Allah SWT. Ayat pertama yang diturunkan oleh Allah pada nabi melalui malaikat Jibril di Gua Hira adalah surat Al-Alaq ayat pertama. Yang mengandung perintah ‘bacalah’.

Baca juga: Ramadhan Syahrul Quran, Ramadhan Bulan Al-Quran

Nuzulul Quran: Peristiwa Penting Membawa Perubahan

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW maka kita adalah umat iqra (baca). Akan malu kita bila bertemu Rasulullah di hari kiamat, tapi kita jauh dari Alquran.

Adanya nuzulul quran adalah nikmat luar biasa, perubahan dalam hidup manusia, dari kegelapan menuju cahaya, dari kerusakan menuju kemakmuran. Nuzulul quran menjadikan kita umat Rasulullah SAW agar menjadi umat Alquran, umat membaca, umat yang mengamalkan Alquran dalam kehidupan.

Maka jika umat semakin jauh dari Alquran, maka kehidupannya akan hancur. Tapi umat yang selalu dekat dan menghidupkan Alquran dalam hidupnya sehari-hari maka pasti akan terjamin kemakmuran dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Nuzulul Quran: Peristiwa Mulia dan Memberikan Kemuliaan

Alquran sungguh mulia dan memberikan kemuliaan. Di antara kemuliaannya adalah kemakmuran dalam kehidupan, bahagia, sembuh dari penyakit, terkabul segala hajat. Maka mari kita jaga Alquran setiap malam apalagi di bulan Ramadan. Akan sangat menyedihkan dan menyesal sekali, bagi seorang muslim belum sampai khatam Alquran bahkan hingga akhir bulan Ramadan.

marilah kita menjaga kebaikan, amal sholeh. Amal sholeh inilah menjadi ksempatan kita. sebagaimana sabda Rasulullah, sebaik-baik manusia yang panjang umur dan baik pula amalnya. Maka manfaatkan usia kita di bulan Ramadan, jangan terlewat satu hari belum baca Alquran. bisa jadi kematian kita sudah dekat. maka bahagia orang yang bisa memanfaatkan sisa umurnya untuk menjadi lebih baik di sisi Allah dan lebih baik.

Ramadan adalah nikmat. Ramadan berkah. Ramadan mulia. Apalagi bila kita senantiasa menghidupkan hari-hari dan setiap waktu yang ada dengan mendekatkan diri bersama Alquran.

Menuju malam nuzulul quran, mari perbanyak tilawah quran. Sahabat juga bisa ikut patungan sedekah untuk pengadaan Alquran di wilayah-wilayah yang masih minim ketersediaan Alquran.

Bismillah, alirkan pahala jariyah melalui keistimewaan Sedekah Quran di bulan Ramadan.

More
articles