Ini Dia Syarat-syarat Berqurban

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Merayakan Hari Raya Idul Adha bagi kaum muslimin muslimah tidak kalah pentingnya dengan kebahagiaan ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji juga sangat dinantikan kehadirannya lantaran semua orang turut serta merasakan suka cita karena saat itu menjadi momentum yang besar untuk saling berbagi. Seperti saat berbagi daging qurban sehingga saudara di sekitar lingkungan dapat mencicipi betapa  lezatnya daging hewan ternak yang telah diqurbankan. 

Ribuan tahun yang lalu perintah qurban telah disyiarkan. Bagi umat muslim yang memiliki kemampuan finansial diperintahkan untuk melaksanakan ibadah qurban sebagaimana yang telah dicontohkan Nabi Ibrahim AS.

Qurban sendiri memiliki arti menyembelih hewan ternak. Di antara hewan ternak yang boleh untuk diqurbankan adalah unta, sapi, domba dan kambing. Dengan berqurban menjadi wasilah agar setiap muslim lebih mendekatkan diri untuk melaksanakan perintah dari Allah SWT.  

Tak hanya sebagai bentuk ketaatan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Berqurban juga menjadi kesempatan emas untuk berbagi sepotong daging kepada faqir miskin dan kaum dhuafa saja. Akan tetapi, menjadi amal ibadah yang dicintai pada Hari Raya Idul Adha.

Dalam melaksanakan ibadah qurban tak bisa dilakukan sembarangan, karena ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.  

Meskipun ibadah qurban memiliki hukum sunnah untuk menjalankannya, namun ketentuan yang berlaku harus dipenuhi agar qurban bisa menjadi sah.

Lalu, apa saja syarat bagi orang yang berqurban?

Pertama, muslim. Banyak cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya adalah dengan berqurban. Oleh karena itu, hanya umat islam saja yang diberikan kewajiban untuk menjalankan qurban.  

Kedua, baligh dan berakal. Perintah berqurban ditujukan pada orang dewasa atau seseorang yang telah baligh dan berakal.

Ketiga, merdeka dan mampu secara finansial. Bagi semua hambanya yang sudah merdeka dan mampu secara finansial, maka diwajibkan untuk melaksanakan qurban. Apalagi bila kebutuhan sehari-hari dirasa sudah aman sehingga memberikan ketenangan. Apalagi jika memiliki kemampuan untuk menabung agar dapat membeli hewan qurban. 

Keempat, tidak memiliki utang. Islam adalah agama rahmatan lilalamin. Islam selalu memberikan kemudahan untuk umatnya dalam melaksanakan ibadah. Oleh karena itu, jika ada di antara sahabat yang memiliki hutang piutang dan belum diselesaikan,  sebaiknya utamakan untuk melunasi hutang terlebih dahulu. Karena sungguh, di dalam berhutang artinya ada hak-hak saudaramu di setiap uang yang diterima.  

Masih ada waktu sebelum Hari Raya Idul Adha terlaksana, sahabat bisa untuk menyisihkan tabungan qurban seperti yang lainnya.

Bagi sahabat yang ingin berqurban tahun ini, silahkan kontak ke nomer layanan UCare:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : UCare Indonesia

Twitter : @ucareindonesia

You Tube : LAZ UCare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Website Donasi : https://donasi.ucareindonesia.org/

Email : [email protected]

More
articles