Kampung Ukhuwah, Bina Akademik dan Spiritual Anak-Anak Yatim Dhuafa

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

 

Dalam mencetak manusia-manusia yang unggul dan berdaya, maka haruslah dibekali dengan pendidikan yang mampu menunjang kehidupan seseorang. Tapi seringkali akademik dianggap masyarakat hanya bisa diperoleh dari bangku sekolah formal. Walau sejatinya pendidikan bisa didapat dari mana saja, meskipun bukan dari bangku sekolah pada umumnya. Pendidikan tidak hanya milik sebagian orang, namun berhak juga untuk dirasakan dan diperoleh oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali.

 

Menjawab hal
tersebut, LAZ UCare Indonesia membuat program Cinta Ilmu dengan membangun
Kampung Ukhuwah. Kampung Ukhuwah adalah program pembinaan anak-anak dari
keluarga tidak mampu yang ditekankan pada aspek pembinaan akademik dan sisi
spiritual. Dengan hadirnya Kampung Ukhuwah diharapkan dapat membantu mendidik
anak-anak dari keluarga yang kurang mampu agar lebih baik dari segi akademik
dan spiritual.     


 

Hadirnya Kampung Ukhuwah sebagai bagian dari program Cinta Ilmu sekaligus pemberdayaan dan pembinaan karakter ini diharapkan dapat memfasilitasi anak yang tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Program Kampung Ukhuwah ini telah dilaksanakan pada bulan Januari hingga Desember 2019. Adapun jumlah penerima manfaat dari Kampung Ukhuwah sebanyak 280 anak yang kurang mampu dan tersebar di beberapa titik 12 kecamatan. Kegiatan Kampung Ukhuwah terdiri dari Bimbel, Rumah Quran dan Saung Yatim.


 

Adapun sasaran penerima manfaat adalah anak-anak miskin yang berusia 13 sampai 18 tahun. Indikator Keberhasilan (Output)  adalah 280 anak terbantu kesulitan belajarnya dan bertambah baiknya nilai akademik di sekolah.  Sedangkan Hasil (Outcome) yaitu 280 anak akan memperoleh ilmu yang memadai sehingga mereka bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an lebih baik dari sebelumnya. Serta akan bertambah baik pemahaman ilmu agama, sekaligus mampu untuk menghafal Al Quran. Manfaat (Benefit) yang diperoleh adalah dengan tercetaknya 280 orang agar menjadi pribadi yang cerdas dan bisa mencintai Al Quran serta dapat mencetak generasi yang cerdas dan islami.
 

More
articles