Jemput Kemuliaan dengan Jadi Orang Tua Asuh Yatim
Orang Tua Asuh Yatim

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Orang Tua Asuh Yatim atau ABI Yatim merupakan salah satu aksi nyata dalam mendukung, memuliakan dan memperbaiki kehidupan anak-anak yatim.

Sama seperti banyak orang, setiap anak tentu ingin berada di rumah yang memberikan kehangatan dan kenyamanan. Hidup di tengah keluarga yang rukun dan saling mengasihi. Bersekolah di sekolah yang bisa menjadi ruang untuk mendukung segala harapan dan cita-cita. Begitu juga yang diharapkan para anak-anak yatim. Mereka juga berhak untuk memperoleh kasih sayang, perhatian, dukungan dan dorongan dalam mewujudkan setiap mimpi dan cita-citanya dengan mengambil peran jadi orang tua asuh yatim.

Keistimewaan Orang yang Menanggung dan Memperbaiki Urusan Anak Yatim

Sahabat, tidak terikat darah bukan berarti halangan untuk menaruh rasa kasih sayang. Kekuatan iman dan teladan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW untuk memuliakan anak yatim rasanya cukup untuk menjadi motivasi dalam mengejar kebaikan guna memuliakan para yatim.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Al-Quran yang artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik,” (QS. Al-Baqarah [2]: 220).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. Bukhari)

Hidupnya Hati dengan Membantu Kehidupan Anak Yatim

“Jangankan membantu orang yang yatim piatu dan belum mampu. Membantu orang kaya saja boleh. Mungkin ada orang yatim piatu dan punya peninggalan millyaran, anda tetap boleh membantunya karena itu menunjukkan hati anda hidup. Jangan mau hati anda dimatikan orang lain. Lanjutkan anda membantu dia. Karena matinya hati artinya cuek, tidak peduli.” Nasihat Buya Yahya.

“Disebut anak yatim adalah selagi dia belum baligh ditinggal bapaknya. Harus ditinggal meninggal untuk disebut sebagai seorang anak yatim.” Tambah Buya Yahya.

Baca Juga: Dahsyatnya Sedekah kepada Yatim Serta Manfaatnya

Peluang Menjadi Orang Tua Asuh Yatim 2024

Turut andil dalam memenuhi biaya hidup dan menyokong biaya pendidikan anak yatim adalah peran Istimewa para Orang Tua Asuh Yatim. Dengan menjadi orang tua asuh yatim, maka sedekah yang diberikan adalah terbaik karena menjadi amal jariyah sekaligus wasilah kebaikan untuk mengikuti jejak Rasulullah SAW dalam menyayangi dan menyantuni anak yatim.

Anak Binaan Yatim atau ABI Yatim merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan kepada anak yatim dengan sistem orang tua asuh. UCare Indonesia menghadirkan program ABI YATIM untuk membantu cukupi kebutuhan hidup dan pendidikan anak-anak yatim, sekaligus wujud perhatian untuk mengayomi dan melindungi anak-anak yatim.

Dukungan yang dapat diberikan untuk anak asuh berupa:

1. biaya pendidikan;

2. biaya hidup;

3. pembinaan akademik;

4. pembinaan spiritual;

Daftar Jadi Orang Tua Asuh: s.id/AbiYatim2024

More
articles