Peran UCare untuk Mendampingi Mualaf Agar Berdaya

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Mualaf merupakan mereka yang baru masuk islam. Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa mereka adalah golongan yang berhak untuk menerima zakat. Sebagaimana yang tertuang dalam Surah At-Taubah ayat 60. Dengan zakat yang mereka terima, diharapkan dapat bantu menguatkan keimanan, tauhid dan rasa diperhatikan oleh saudaranya sesama muslim.

Untuk itulah UCare Indonesia berupaya untuk mendampingi dan membantu para mualaf. Terutama mereka yang membutuhkan bantuan agar bisa bertahan. Salah satu mualaf telah merasakan manfaatnya ialah Ibu Novi Dewanti. Saat ini beliau tinggal di Wisma Melati, Rt 2 Rw 9 No 38 A dari tahun 2014.  Kesibukannya adalah menjadi IRT, sekaligus sambil berjualan makanan. Seperti nasi uduk, nasi kuning, bolu, bahkan juga berjualan makanan saat bulan puasa tiba. Karena ada saja pesanan kue kering.

Baca artikel lainnya: Ternyata Inilah Manfaat Sedekah Subuh

Sebelumnya karena  menikah akhirnya ia mengikut suami, namun semakin hari niat untuk masuk islam lagi mulai muncul dalam benaknya. Memang bukan keputusan yang mudah, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Namun berbekal rasa yakin kepada Allah, ia pun memutuskan menjadi mualaf pada februari 2021, bertiga bersama anaknya.  Saat itu Masjid Annur Jatiwarna menjadi saksinya untuk mengucapkan syahadat. Yang kemudian dibantu dari pihak MUI dan ustad Mustaqim.

Rupanya niat menjadi mualaf itu sudah lama, bahkan anak-anaknya juga sudah ada niat seperti itu. Semua mau dan saat ini sedang proses belajar untuk lebih mendalami agama islam. Sampai anaknya yang terakhir di masukkan ke Madrasah Aliyah Al-Ihsan, Pondok Gede.

Baginya, semenjak ada niat pengen masuk islam, rezeki ada saja.

“Emang karena udah ada niat awal pengen masuk islam, kayaknya ada aja rejeki gitu yang bantu saya kalau shalat. Semuanya saya serahin ke Allah. apalagi pas situasi krisis begini. Pokoknya ada ketenangan sendiri buat saya ketika masuk islam.” Ujarnya.

Ia juga mengatakan ada perubahan yang dirasakan setelah mengenal islam, kayaknya ada kebahagiaan sendiri bagi ibu Novi. Baginya, selalu ada jalan dan ada saja kemudahan setiap minta sama Allah.

“Untuk muallaf ya, semoga dikasih terus dikasih hidyah terus berjuang di jalan Allah. Jangan sampai kita kembali lagi ke yang pertama (sebelumnya) karena memang hidayah itu kan harus dicari dan kita harus berjuang jangan sampai kita tersesat lagi gitu.” Pesannya kepada saudara-saudara mualaf di luar sana.

Ia juga turut menambahkan, “Alhamdulillah dari awal mualaf, UCare sangat bantu sekali. Dari ngga punya modal sampe dimodalin. Kemarin juga pas lebaran haji, ada juga bantuan dari UCare. UCare sangat membantu sekali buat saya dan anak-anak. Makanya Alhamdulillah sangat ngebantu.” Cerita Ibu Novi selaku mualaf yang kini tengah didampingi UCare.

Di luar sana, mungkin banyak Ibu Novi lainnya yang harus didampingi dan dibantu setelah memutuskan mualaf. Terlebih mereka yang turut rasakan efek dari pandemi.

Alhamdulillah, berbekal dari kepercayaan Darmacare untuk menunaikan zakat, infaq, dan sedekah di UCare Indonesia telah banyak saudara kita yang terbantu. Terimakasih Darmacare, karena perhatian dan cinta berbagi dari sahabat semua, para mualaf dan saudara-saudara kita kini semakin berdaya.


Dalam rangka milad UCare Indonesia yang ke-4 tahun, yuk ikuti dan saksikan kajian online spesial milad dengan mendaftar langsung ke sini. Daftar segera : s.id/DaftarKajianMilad4UCare

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316