3 Hadist Tentang Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat
Kisah Isra Miraj Rasulullah SAW

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Tahukah sahabat tentang keutamaan membaca surat Al-Kahfi hari Jumat?

Surat Al-Kahfi (Surah ke-18) terdiri dari 110 ayat yang merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan khusus, terutama jika dibaca pada hari Jumat. Dengan mengetahui keutamaannya, tak heran bila umat muslim berlomba-lomba mengamalkan kebiasaan membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat untuk mengharapkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Di dalam surat ini terdapat kisah-kisah yang sarat dengan hikmah dan pelajaran, serta pesan-pesan penting yang relevan untuk kehidupan manusia. Adapun membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat memiliki keutamaan khusus yang diyakini oleh umat Muslim. Banyak hadis yang menunjukkan pentingnya amalan ini dan keistimewaannya.

Hadist Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat

Berikut ini adalah beberapa hadis yang menggarisbawahi keutamaan membaca Surat Al-Kahfi hari Jumat:

1. Disinari Cahaya Antara Dua Jumat

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

2. Disinari Cahaya antara Dia dan Ka’bah

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

3. Dilindungi dari fitnah Dajjal

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dan Imam Abu Daud, dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Dalam riwayat lain disebutkan, “Dari akhir Surah Al Kahfi.” (HR Muslim Nomor 809)

Baca juga: 7 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Raih Keberkahan Tanpa Batas

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat: Amalan yang Istimewa

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi Hari Jumat

Dalil-dalil di atas menunjukkan bahwa membaca surat Al-Kahfi merupakan amalan yang dianjurkan karena mempunyai banyak keutamaan. Selain itu, seorang muslim yang mengamalkannya akan mendapatkan pahala yang besar. Ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat iman, mendalami pengetahuan agama, dan merenungkan makna kehidupan.

Surat Al-Kahfi sendiri berisi kisah-kisah yang mengandung pelajaran moral dan spiritual yang mendalam, seperti kisah Ashabul Kahfi (Pemuda-Pemuda di Gua) yang menjauhkan diri dari penyembahan berhala dan penindasan. Membaca surat ini memberikan inspirasi untuk mengembangkan keteguhan iman dan ketabahan dalam menghadapi cobaan.

Dengan dasar hadis-hadis di atas, keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat adalah amalan yang dianjurkan dalam Islam. Namun, penting untuk mengamalkannya dengan penuh pengertian, kesungguhan, dan tujuan yang tulus untuk mendekatkan diri kepada Allah serta meningkatkan pemahaman terhadap ajaran-Nya.

Yuk, jangan lupa Al-Kahfinya sahabat!

Lengkapi kemuliaan hari Jumat dengan infak terbaik melalui bantusesama.co/SedekahJumat

More
articles