LAZ Ucare Indonesia Belajar Tentang Mukjizat Al Quran

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

UCAREINDONESIA.ORG – Sebagai Lembaga Amil Zakat, sudah seharusnya para amil untuk memiliki wawasan serta pengetahuan yang memadai, terutama di bidang ilmu pengetahuan agama seperti zakat. Untuk menjawab hal tersebut, LAZ UCare Indonesia mengadakan kajian untuk para stafnya sebagai kegiatan untuk menambah wawasan keislaman para amil agar semakin kaya akan wawasan keislaman.

Kajian dilaksanakan di kantor LAZ UCare Indonesia pada hari Selasa, 03 Maret 2020. Kajian diisi oleh ustadz Akhmad Sadzali, Lc. Materi kajian kali ini memiliki tema tentang Mukjizat Alquran.

Berbicara tentang Al Quran, tentu setiap muslim telah mengetahui bahwa membaca Al Quran adalah bentuk ibadah. Membaca Al Quran adalah ibadah yang kalau dihitung perbaris akan berisi pahala. Pada satu baris itu ada 20 huruf. Jika kita membaca sampai satu lembar, artinya kita bisa membaca sampai 300 huruf. Kalau 10 halaman berarti ada 3000 huruf, kalau satu juz berarti ada 60.000 huruf.

Berarti kalau kita membiasakan satu hari membaca satu juz, maka ada 60.000 kebaikan yang akan kita dapatkan. Meskipun, sebenarnya kita tidak boleh untuk untuk menghitung-hitung kebaikan. Namun jika itu menjadi motivasi kita agar lebih semangat untuk membaca Al Quran, maka sah-sah saja. Sebagai kitab suci yang mulia, Al quran itu memiliki 4 sifat, yaitu:

1. Mudah untuk dipelajari: Al Quran memiliki bahasa yang mudah untuk dipelajari. Seperti dalam surat Al Qomar ayat 17, yang artinya:

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”

2. Indah untuk didengar: Al Quran selain mudah untuk dipelajari juga sangat indah untuk didengar. Di setiap kondisi cocok untuk didengarkan ataupun dilantunkan. Contohnya seperti saat acara walimahan, bahkan saat ada orang yang meninggalpun Al Quran sangat cocok untuk dibaca juga diperdengarkan.

3. Memiliki sastra yang kuat: Al Quran memiliki gaya bahasa yang sangat tinggi dan indah. Sentuhan dan sastra yang kuat dimiliki Al Quran sehingga tidak ada yang bisa menyerupainya. Karena tingginya sastra tersebut, tak satupun ada yang bisa menandinginya karena Al Quran juga turun sebagai sebuah mukjizat. Contoh sastra yang kuat dalam Al Quran terdapat di surat Al Zalzalah.

4. Berisi tentang masa lalu dan yang akan datang: Dalam Al Quran surat Ar Rum ayat 2 menjelaskan tentang runtuhnya Romawi. Padahal Al Quran turun sejak masa lalu, namun sudah tertulis apa yang akan terjadi pada Romawi di masa depan.

Selain dengan empat sifat di atas, membaca Al Quran juga bisa membuat hati kita tenang. Bahkan orang yang belajar dan mengajarkannya pun akan mendapatkan pahala juga syafaat bagi mereka yang membaca dan mentadaburinya.

MasyaAllah. Begitu indahnya ya belajar Al Quran. Tidak hanya kenikmatan di dunia saja yang akan diperoleh, tapi juga kenikmatan di akhirat.
Semoga kita semua termasuk golongan yang mencintai Al Quran dan kelak akan mendapatkan syafaatnya. Aaamiiin Ya Rabbal Alamin.

More
articles