Siapa Orang yang Paling Berhak Menerima Sedekah? 5 Golongan Ini Disebutkan Al-Quran
orang yang paling berhak menerima sedekah

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

“Siapakah orang yang paling berhak menerima sedekah?”

Terkait dengan hal ini, Allah SWT telah menyiapkan balasan kepada orang-orang yang bersedekah atau menginfakkan hartanya di jalan Allah. Dalam Al-Quran disebutkan, artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)

Baca juga: Bagaimana Perbedaan Zakat Infak Sedekah?

5 Orang yang Paling Berhak Menerima Sedekah

 orang yang paling berhak menerima sedekah

Yang utama ini disebutkan dalam Al-Quran surat kedua ayat 215,

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” (QS. Al-Baqarah: 215)

  1. Orang tua

“Orang tua mungkin memang jarang meminta, tapi kita juga harus mengerti isyaratnya. Karena tidak ingin menyusahkan anaknya. Maka kadang-kadang boleh jadi saat beliau bertanya kabar, saat itu sebenarnya orangtua tengah membutuhkan uang untuk makannya, beli berasnya atau kebutuhan bayar listriknya. Apalagi ridha Allah akan turun sebab adanya ridha orangtua. Jadi jika urusan dengan orangtua, maka tidak perlu mikir. Kalau perlu usahakan apapun untuk orang tua. Karena akan ada balasan pahala dilipatgandakan.” Terang Ustadz Adi Hidayat dalam satu kajian.

 

  1. Kaum Kerabat

Kerabat terdekat itu bisa dari saudara dan keluarga. Atau bisa juga tetangga, yang tidak ada hubungan darah. Bahkan walaupun tetangga tersebut berbeda agama, tapi tetap bisa berinfak kepada mereka. Untuk urusan dunia, boleh berikan kepada mereka walaupun berbeda keyakinannya. Di situ tetap ada nilai pahalanya. Dalam hubungan keduniaan, silahkan berbagi.

 

  1. Anak Yatim

 orang yang paling berhak menerima sedekah

Anak yatim adalah salah satu gologan yang lemah, sebab di usianya yang masih sangat kecil ia harus kehilangan sosok bapak di sisinya. Karenanya, Islam memerintahkan kepada umatnya untuk berlaku baik dan tidak menyakiti apalagi menzalimi anak yatim. Mereka pantas dan sangat berhak mendapatkan perlakuan yang penuh dengan kelembutan dan kasih sayang. Salah satunya adalah dengan memberikan sedekah dan bantuan kepada mereka. Dengan membantu mereka, maka seorang muslim tidak hanya mendapatkan ridha dan ampunan Allah, tapi juga mendapatkan keistimewaan bisa bersisian dengan Rasulullah kelak di surga.

Baca juga: Menyingkap Anjuran Menyantuni Anak Yatim

  1. Orang Miskin

 orang yang paling berhak menerima sedekah

Orang miskin merupakan golongan yang berhak mendapatkan sedekah dan infak sebab mereka berada pada kondisi sulit untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Bahkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) menyatakan bahwa penduduk miskin di Indonesia mencapat 27,55 juta orang. Dan setiap waktunya angka ini terus mengalami peningkatan. Kemiskinan adalah masalah sosial di tengah masyarakat, karena itu salah satu cara untuk membantu masyarakat miskin adalah dengan memberikan infak terbaik kepada mereka yang membutuhkannya.

 

  1. Orang yang Sedang dalam Perjalanan

Orang yang sedang dalam perjalanan atau musafir juga termasuk golongan yang berhak mendapatkan infak dan sedekah. Hal ini untuk membantu mereka mencukupi keperluannya. Apalagi mereka jauh dari sanak kerabat dan keluarganya, maka barangkali dengan membantu mereka maka kita dapat meringankan kebutuhannya.

Itulah tadi 5 golongan atau orang yang paling berhak menerima sedekah dan infak kita. Jika sahabat ingin berbagi kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan dapat disalurkan melalui:

REKENING INFAK
BSI 685 664 7010
BCA 066 327 1960
Mandiri 167 000 2432 085
A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi lengkap dan konfirmasi:
Telp. (021) 8896 0316
Konfirmasi: 0822 2333 9773

More
articles