Peduli Yatim, FOZ Bekasi Raya Kolaborasi Bersama UCare Indonesia dan 7 Lembaga Zakat dalam Program Asa Anak Indonesia

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Menurut data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA) berkolaborasi dengan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF), sebanyak 20.887 anak di Indonesia kehilangan orang tua selama pandemi COVID-19.

Karenanya, anggota Forum Zakat yang tercatat terdapat 175 anggota berkolaborasi dalam program ‘Asa Anak Indonesia’. Kali ini, FOZ Bekasi Raya juga turut andil dalam penyerahan bantuan program Asa Anak Indonesia pada hari Jum’at, 1 Oktober 2021. Kegiatan ini dilakukan di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi.

Penyerahan bantuan diinisiasi bersama 8 Lembaga Anggota Forum Zakat Bekasi Raya yaitu UCare Indonesia, LAZIS BaitulMaalku, Laznas Dewan Da’wah, Pondok Sedekah, LAZ Ibnu Sina, Lazis Nurul Falah Cabang Bekasi, Sahabat Dhuafa dan LAZGIS Peduli.

“Alhamdulillah kami menyelenggarakan kegiatan kolaborasi penyerahan bantuan program yatim, Asa Anak Indonesia. Yang diikuti oleh 8 lembaga amil zakat dan filantropi yang ada di Bekasi. Berkolaborasi bersama-sama, menyalurkan bantuan anak yatim karena covid-19. Mudah-mudahan program ini akan terus kami jalankan. Saat ini baru ada 59 anak yatim yang kita bantu berdasarkan dari Dinas Sosial. Ini ada 900 anak yatim di Kota Bekasi yang akan dilakukan assessment lanjutan.”Ungkap Muhammad Anwar Mughni selaku Ketua FOZ Bekasi Raya.

Foto 1: Ketua DPRD Kota Bekasi Pada Acara Penyerahan Bantuan Program Asa Anak Indonesia

“Ini merupakan hal positif Lembaga filantropi di Kota Bekasi, yang merupakan program bantuan untuk anak yatim/yatim piatu yang ditinggalkan oleh orang tuanya. Maka program Asa Anak Indonesia ini bisa menjadi solusi yang sangat cepat Ketika pemerintah baru mendata, maka Lembaga filantropi bisa memberikan bantuan lansung, tidak hanya sembako tapi juga beasiswa. Ini sangat inspiratif. Program yang bagus ini bisa diadopsi oleh pemerintah. Maka akan berupaya untuk dianggarkan pada 2022 nanti.” Ujar H. Choiroman J. Putro, B. Eng, M.SI selaku Ketua DPRD Kota Bekasi.

Baca berita lainnya: Pelatihan Digitalisasi Produk UKM Kolaborasi UCare dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI

Ia berharap NGO bisa lincah dalam program yang bisa bermanfaat langsung untuk anak yatim atau yatim piatu.

Adapun penyerahan bantuan kali ini berupa sembako dan uang tunai bagi anak-anak yatim/yatim piatu yang ditinggalkan orangtuanya  karena covid-19.

Foto2 2: Kegiatan Acara

“Dengan acara ini bermanfaat sekali khusus masyarakat Kota Bekasi. Kegiatan ini sungguh membuat kami sangat terharu. Kiranya ke depan, khususnya Dinas Sosial Kota Bekasi bisa berkolaborasi dengan ini, karena saat ini baru bertemu untuk kedua kali. Sehingga anak-anak yang ditinggal orang tuanya bisa berguna dan bermanfaat, dan tidak sedih berkelanjutan, sehingga tidak sedih. Sehingga mereka bisa sekolah dan melanjutkan masa depan.”  Ungkap H. Ahmad Yani, Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi.

Mari kita doakan dan dukunga bersama agar program kebaikan ini bisa berjalan dan terus berkelanjutan demi masa depan anak-anak yatim/yatim piatu yang lebih baik.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316