Pelatihan Digitalisasi Produk UKM Kolaborasi UCare dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Saat ini, pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) tentu harus menghadapi tantangan cukup berat di tengah pandemi. Terlebih lagi tren digitalisasi yang semakin kuat mengharuskan para pelaku UKM agar segera beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan perkembangan teknologi yang ada. Tentunya dengan mempelajari tren digitalisasi akan membuat para pelaku UKM lebih baik  jika diukur dari berbagai aspek. Karena itulah digitalisasi produk UKM sangat dibutuhkan.

Sebab itu, UCare Indonesia yang menggandeng para pelaku UKM di Kota Bekasi bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia memfasilitasi Pelatihan Digitalisasi Produk UKM. Alhamdulillah, kegiatan telah berlangsung dengan lancar selama 3 hari, dari tanggal 10-13 September 2021 di Hotel Merapi Merbabu, Kota Bekasi.  Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca artikel lainnya: Ternyata Inilah Manfaat Sedekah Subuh

Foto 1: Pelatihan Digitalisasi Produk UKM Kolaborasi UCare dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI

Pelatihan Digitalisasi ini mendapatkan respon positif dari para pelaku UKM, ini tentu menjadi angin segar di tengah ujian pandemi yang telah terjadi beberapa tahun belakang. Tentunya kegiatan ini juga turut dihadiri oleh para tokoh masyarakat, seperti Bapak Drs. H. Abdillah, M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Bekasi, Bapak Mahfudz Abdurrahman, S.Sos selaku Anggota DPR-RI komisi 6 Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok, dan Ibu Dra. Dwi Andriani Sulistyowati, M.AB selaku Asisten Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM.

Dalam kesempatan yang ada, Ibu Dwi Andriani Sulistyowati mengungkapkan,

Pelatihan ini ditunjukkan untuk para pelaku UKM karena kami sebagai ASDEP Pengembangan SDM UKM tentu ranahnya binaan kami dibatasi di skala kecil dan menengah. Karena usaha mikro ada deputinya sendiri. Jadi UKM tentu materinya yang advance, kalo usaha mikro lebih basic. Kalo advance tentunya di zaman pandemi ini kita memberi solusi agar UKM tadi tetap eksis di zaman pandemi.”

Foto 2: Pengisian Materi dari Asisten Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Ibu Dwi Andriani Sulistyowati

Lanjutnya lagi, ”Inilah solusi dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang terkait digitalisasi. Dalam pembatasan waktu di masa pandemi ini mereka tetap bisa beraktivitas menjalankan usahanya, tanpa dia keluar rumah, tetap aktivitas, tetap jalan usahanya. Kita bekerjasama dengan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dsb. Untuk menggait mereka menarik UMKM tadi untuk bergabung di platform digital dalam memasarkan produk. Dan harapannya dengan adanya pelatihan semacam ini, stimulan untuk UKM tadi. Tentunya kalau mereka tetap eksis penjualannya lebih maju, mereka akan naik kelas dengan naik kelas ditandai dengan omset penjualannya pertahun bisa lebih meningkat. Mudah-mudahan bermanfaat, terutama untuk memajukan usaha UKM tadi.” Tutur Ibu Dwi selaku selaku Asisten Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM.

UCare Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Kota Bekasi hingga detik ini berusaha komitmen untuk memberikan dan menghadirkan program serta kegiatan bermanfaat. Karena itulah, UCare Indonesia  menghadirkan para peserta yang kemudian difasilitasi untuk mendapatkan pelatihan berupa Digitalisasi Produk UKM. Semoga UCare Indonesia terus menghadirkan program kebaikan dan kebermanfaatan lainnya untuk masyarakat Kota Bekasi.  

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316