Peran Lembaga Amil Zakat dalam Pencegahan Covid-19 – Ucare Indonesia

Peran Lembaga Amil Zakat dalam Pencegahan Covid-19

UCAREINDONESIA.ORG – Covid-19 yang telah menyebar di beberapa negara rupanya telah menyita perhatian seluruh orang. Pasalnya, Indonesia kini dalam status darura. Apalagi jika melihat informasi dari Pemerintah yang mengatakan hinga Rabu, 18 Maret 2020 terdapat 227 orang telah mencapai kasus positif Corona. Melihat problema yang terjadi di tengah masyarakat, asosiasi Forum Zakat dengan cepat memberikan respon untuk segera melakukan penanganan pencegahan terhadap kasus penyebaran Corona Virus Disesase (COVID-19).
 
Bahkan melalui BNPB, pemerintah telah menetapkan bahwa virus Corona ini adalah bencana nasional. Tak hanya bencana nasional, WHO pun mengumumkan bahwa Covid-19 ini statusnya masuk ke dalam pandemic. Sebuah wabah penyakit global menurut WHO (World Health Organization). Dimana pandemic ini hanya berlaku ketika penyakit tersebut telah menyebar di seluruh dunia hingga melampaui batas.
 
Sebuah penyakit bisa dikatakan pandemic, jika telah memenuhi kriteria berikut: (1) penyakit baru yang belum dikenal (2) menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit berbahaya (3) dapat menyebar dengan mudah dan berkelanjutan antar-manusia.
 
Jika mencari data yang tersebar di media, hingga 17 Maret 2020 terdapat 172 orang yang terinfeksi virus Corona yang tersebar di beberapa wilayah. Hal ini jelas mengkhawatirkan, mengingat penyebaran virus ini juga sangatlah cepat. Maka tindakan yang cepat, lugas dan tegas juga untuk melawannya.
Bagaimana bentuk perlawanan dan pencegahannya? Yaitu dengan memutuskan rantai penularannya. Antara lain dengan memberikan edukasi pencegahan, menerapkan pola hidup sehat, pemberdayaan untuk meningkatkan imunitas, mengurangi kontak erat dan meminimalisir paparan virus melalui interaksi yang biasa dilakukan pada umumnya.
 
WHO pun turut serta memberikan beberapa strategi berikut dalam menghadapi penyebaran virus Corona, di antaranya:
Pertama, bersiap dan mengantisipasi penularan termasuk menyiapkan rumah sakit, melindungi dan melatih tenaga medis.
 
Kedua, mendeteksi, melindungi dan merawat pasien terinfeksi, juga menguji, memisahkan dan melacak penyebaran kasus infeksi.
 
Ketiga, mengurangi transmisi.
 
Keempat, berinovasi dan belajar terkait penanganan virus ini.
Meskipun seluruh lapisan masyarakat bisa mengakses berbagai informasi seputar Covid-19, namun ada kelompok yang rentan dalam penularan kasus Corona yaitu orang-orang yang kurang mampu. Hal ini bisa terjadi karena kaum dhuafa kurang dalam memperoleh dan mengakses berbagai informasi.
 
Tidak seperti kebanyakan orang yang bisa mendapatkan informasi seputar Corona lewat media sosial atau media cetak, namun bagi faqir miskin belum bagi mereka akan dengan mudah mendapatkannya. Belum lagi adanya kesenjangan sosial sehingga mengakibatkan adanya jarak dan sulitnya penjangkauan terhadap pemeriksaan virus Corona.
 
Melihat hal ini, para amil dan relawan lembaga zakat untuk tidak menghentikan aktivitas kemanusiaan guna menjadi jembatan bagi masyarakat yang kurang mampu dengan harapan edukasi tentang pencegahan, penularan dan penanggulangan Covid-19. Meskipun harus menjadi garda terdepan dalam penanggulanan Covid-19, para amil dan relawan lembaga zakat juga harus memperhatikan kesehatan diri, keluarga dan para mustahik. Jika setiap orang dapat melakukan deteksi dini agar terjadi pemutusan dalam rantai penyebaran Covid-19, tentu pandemic ini juga akan berakhir.
 
Semoga wabah Covid-19 segera berakhir dan selesai juga statusnya sebagai pandemic. Serta kita semua senantiasa dalam lindungan Sang Pencipta.

Scroll Up
×

Assalamualaikum,

Selamat datang di ucareindonesia.org. Silahkan klik icon customer service kami (U Care Admin) untuk memulai percakapan via WhatsApp chat

× Assalamualaikum, ada yang dapat kami bantu ?