Peranan TK Ukhuwah di Mata Masyarakat Kota Bekasi

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) tahun ajaran 2020/2021 yang disampaikan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, sejumlah 1.349 anak mengalami putus sekolah. Ada banyak faktor, mengapa anak putus sekolah, salah satunya diakibatkan adanya kendala ekonomi ditambah krisisnya kondisi saat ini karena dampak pandemi.

Untuk mengambil peran dengan memperhatikan nasib pendidikan anak-anak dari kalangan dhuafa, Ucare Indonesia mendukung dengan keberadaan TK Ukhuwah di beberapa kecamatan di Kota Bekasi. TK Ukhuwah yang merupakan program UCare Indonesia menghadirkan pendidikan gratis untuk anak-anak usia dini dari kalangan keluarga kurang mampu. Dengan harapan, agar anak-anak tetap mendapatkan pendidikan layak baik berupa ilmu pengetahuan, akhlak dan nilai-nilai agama sejak dini.

Alhamdulillah setelah beberapa waktu menempuh masa pendidikan, sejumlah 25 murid TK Ukhuwah yang berlokasi di Bantargebang mengadakan prosesi pengambilan ijazah. Tentu menjadi kegembiraan bagi para murid sekaligus rasa bangga bagi para wali murid yang turut serta mendampingi. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin, 21 Juni 2021. Tergambar dengan jelas sorotan mata penuh haru dari para guru dan suka cita dari para orangtua yang turut menyaksikan acara pengambilan ijazah.

Salah seorang murid Bernama Putra (7) mengaku sangat senang pada hari tersebut, “Perasaan putra sangat senang. Seneng banget bisa sekolah bareng temen-temen. Gurunya juga baik-baik. Rencananya Putra akan melanjutkan Pendidikan ke SDN Bantargebang 1.” Curhat Putra saat ditanya perasaannya pada saat itu.

“Hari ini mengadakan kegiatan acara perpisahan, pembagian ijazah. Jadi kita kumpulkan murid dan wali murid, tukeran kado, dan memberikan pesan kesan kepada UCare. Selaku Kepsek dan staf guru saya mengucapkan terimakasih kepada UCare yang telah membantu, TK Ukhuwah sangat bermanfaat. TK Ukhuwah telah lebih dari 13 tahun dari tahun 2007. Alhamdulillah sudah ada 3 generasi. Yang pertama sudah lulus SMA, yang kedua ada SMP dan SD, yang ketiga ada yang lulus tahun ini. Semoga UCare dan para donatur selalu diberikan kesehatan, diberikan rizki melimpah, dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah.” Tutur Ibu Diana Febrianti kepala sekolah TK Ukhuwah Bantargebang.

“Ini adalah kali kedua anak saya didaftarkan disini. TK Ukhuwah sangat membantu perekonomian keluarga saya, pesan kesan saya sangat baik. Menurut saya, anak ibu-ibu sangat direkomendasikan untuk belajar di TK Ukhuwah. Guru-gurunya baik. Saya sangat berterimakasih kepada TK Ukhuwah ini, seluruh Yayasan UCare, sangat berterimakasih sedalam-dalamnya karena anak saya boleh diperbolehkan untuk sekolah di sini.” Cerita Ibu Rika (31) selaku wali murid dari Muhammad Al Faiz.

Berkat gotong royong kebaikan dari sahabat Darmacare, Alhamdulillah tahun ini sejumlah 25 anak telah berhasil lulus dari TK Ukhuwah. Semoga ini menjadi pemberat timbangan amal sholeh bagi bapak ibu semua.

UCare Indonesia, Cinta Berbagi Tanpa Henti.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316