PRO IBU (Program Indonesia Berdaya Ukhuwah) Berantas Rentenir

PRO IBU (Program Indonesia Berdaya Ukhuwah) Berantas Rentenir

UCAREINDONESIA.ORG – Melihat banyaknya warga yang masih kurang mampu atau dikatakan kurang mandiri secara finansial, bukanlah suatu hal yang sepele. Bersama problema yang terjadi di tengah masyarakat, UCare Indonesia dengan tagline Cinta Berdaya membentuk sebuah program bernama PRO IBU. Program yang bernama PRO IBU ini merupakan singkatan dari Program Indonesia Berdaya Ukhuwah (PRO IBU).
 
Program ini bergerak pada bidang pendampingan pemberdayaan ekonomi mikro bagi masyarakat kurang mampu dilakukan untuk memberikan modal usaha agar bisa meningkatkan ekonomi.
 
Secara garis besar, Pro-ibu adalah kegiatan yang memberikan bantuan permodalan menggunakan akad qordhul hasan (kebajikan) bagi mereka yang masih terlilit hutang dan terlibat dalam ekonomi Ribawi. Dengan program PRO IBU ini ditargetkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin.
 
Kegiatan dilaksanakan sejak bulan Januari sampai Desember 2019. Program ini berlokasi di daerah Rawa Lumbu, Bekasi. Sebagai program yang bergerak di sector ekonomi, jumlah penerima manfaatnya adalah 800 orang sebagaimana target awal yaitu 800 masyarakat miskin.
 
Kegiatan ini telah dilakukan 1x selama pendampingan setahun. Adapun rincian asnaf penerima manfaatnya adalah orang miskin dan fisabilillah (pendamping program).
 
Indikator Keberhasilan (Output) dari PRO IBU adalah berupa tersalurkannya modal usaha kepada 800 warga miskin di Kota Bekasi. Sedangkan hasil (Outcome) adalah peserta PRO IBU sudah tidak berhubungan dengan rentenir lagi.
 
Manfaat (Benefit) yang diharapkan dari PRO IBU adalah agar masyarakat yang kurang mampu dapat terhindar dari rentenir ataupun sisi ekonomi. Dampak (Impact) adalah pendapatan penerima manfaat bertambah baik karena sudah tidak terlibat dengan rentenir.

Scroll Up
×

Assalamualaikum,

Selamat datang di ucareindonesia.org. Silahkan klik icon customer service kami (U Care Admin) untuk memulai percakapan via WhatsApp chat

× Assalamualaikum, ada yang dapat kami bantu ?