Trauma Healing dan Layanan Kesehatan untuk Warga Cianjur
layanan kesehatan untuk warga cianjur

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Hingga saat ini layanan kesehatan untuk warga Cianjur (terutama para penyintas gempa) masih terus dibutuhkan setelah musibah tersebut terjadi sebulan lalu (21/11/2022). Update korban jiwa gempa Cianjur berdasarkan Pemerintah Kabupaten Cianjur menyatakan bahwa korban mencapai 600 jiwa lebih dimana saat terjadi gempa, korban meninggal dunia  langsung dikebumikan oleh pihak keluarganya.

Adapun BNPB menilai bahwa korban meninggal dunia masih 335 jiwa (16/12/2022). Sedangkan para penyintas yang menjadi korban dari tragedi gempa Cianjur yang mengalami luka-luka kecil hingga berat lebih dari ribuan orang. Di sinilah pentingnya layanan kesehatan bagi saudara-saudara kita di Cianjur.

 

Trauma Healing dan Layanan Kesehatan untuk Warga Cianjur

layanan kesehatan untuk warga cianjur

Setelah sebelumnya, tim UCare Indonesia bersama para tenaga medis melakukan distribusi dan layanan kesehatan sesi pertama (28-30 November 2022). Selanjutnya, UCare Indonesia (LAZ Kota Bekasi) bersama LAZ Al-Kahfi Peduli (Kabupaten Bekasi) dan LAZ Kita Peduli (Cianjur) berkolaborasi untuk bergerak bersama dalam pelayanan kesehatan serta kegiatan trauma healing untuk para penyintas gempa Cianjur. Di samping adanya layanan kesehatan yang didampingi oleh 1 dokter dan 3 bidan. Selain layanan kesehatan juga dilakukan pendistribusian beras 50 kg, pampers dan terpal untuk memasok kebutuhan para warga yang masih mengungsi, serta kegiatan mendongeng untuk anak-anak oleh LAZ Al Kahfi Peduli.

layanan kesehatan untuk warga cianjur

Baca juga: Distribusi Bantuan dan Layanan Kesehatan untuk Korban Gempa Cianjur

UCare: Tentang Layanan Kesehatan untuk Warga Cianjur

“Alhamdulillah kegiatan kedua ini berjalan dengan lancar. Saya mengucapkan terima kasih kepada LAZ Kita Peduli atas kerjasamanya memetakan wilayah untuk kami datangi. Sehingga kami bisa melakukan pelayanan secara teratur dari 1 tempat ke tempat lainnya. Daerah yang kami datangi pun termasuk daerah yang sulit di akses sehingga bantuan kesehatan minim di lakukan di daerah sana. Karena itu banyak penyintas yang datang untuk melakukan pengobatan di posko kami,”

“Terima kasih juga kepada LAZ Al-Kahfi atas kerja samanya di hari pertama dan kedua. Anak-anak sangat senang dengan adanya pendongeng yang dihadirkan serta bingkisan makanan untuk mereka. Semoga silaturahim antara UCare dengan LAZ Kita Peduli dan LAZ Al Kahfi Peduli bisa tetap terjalin dengan baik kedepannya nanti.” Ujar Pesona selaku PJ bidang kesehatan UCare Indonesia.

layanan kesehatan untuk warga cianjur

“Semoga para penyintas dapat segera bangkit dan beraktivitas secara normal seperti sedia kala.  Dan semoga bantuan pangan di tenda para penyintas dapat diperhatikan supaya kesehatan penyintas pun juga terjaga.” Tambahnya kemudian.

 

Daftar Lokasi Trauma Healing dan Layanan Kesehatan untuk Warga Cianjur

layanan kesehatan untuk warga cianjur

Hari/Tanggal: Senin, 12 Desember 2022

– Lokasi : Bojong herang, Kec Cianjur

– Pasien : 28 orang + 50 anak (Al-Kahfi)

Note

– kolaborasi dengan Al-Kahfi  (Trauma healing)

 

Hari/Tanggal: Selasa, 13 Desember 2022

– Lokasi 1

  • Kp. Legok Gede, Rt 1 Rw 5, Desa Cinta Asih, Kec Gekbrong
  • Pasien : 39 orang
  • 40 anak trauma healing dg al kahfi

– Lokasi 2 :

  • Kp. Lio Rt 4 Rw 4, Desa Cinta Asih, Kec Gekbrong.
  • Pasien: 11 orang

– Lokasi 3 :

  • Kp. Kuntul, Rt 1 Rw 3, Desa Cinta Asih, Kec Gekbrong
  • Pasien : 40

– Lokasi 4 :

  • Kp tegallega rt02/07 desa limbangansari kec Cianjur, kab Cianjur
  • Pasien: 16 orang

NOTE :

– Lokasi nagrak disebut sebagai  terparah ke 3

– Lokasi sulit dilalui akses mobil

– Daerah di pedalaman sehingga bantuan medis kurang

 

Hari/Tanggal: Rabu, 14 Desember 2022

  1. Lokasi 1
  • Desa Cirumput, Kec Cugenang
  • Pasien: 65 orang

Sepanjang jalan melihat  banyak TNI dan POLRI sedang menghancurkan puing rumah yang sudah tidak layak huni.

  1. Lokasi 2
  • Desa Cibulakan, Kec Cugenang

Alhamdulillah, amanah donasi sahabat untuk para penyintas gempa Cianjur telah disalurkan melalui  relawan yang bertugas. Selain penyaluran sembako, fokus kami adalah distribusi pelayanan kesehatan bagi para korban bencana gempa Cianjur sebab tingginya angka kebutuhan tenaga medis di sana hingga kini.

Jazakumullah ahsanal jaza’ kami ucapkan kepada para darmacare, mitra kebaikan dari berbagai instansi dan komunitas yang telah bantu sesama dan kolaborasi dalam Gerakan Peduli Penyintas Gempa Cianjur. Semoga semua ini dapat meringankan kesedihan dan kesulitan saudara-saudara kita di sana. Mari kita doakan semoga masyarakat Cianjur dapat bangkit kembali dan bisa beraktivitas sebagaimana biasa. Aaamiin.

 

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316

Temukan Kami di