Walau Corona Mewabah, Penjual Nasi Goreng Ini Terus Berjuang Tanpa Lelah

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Di tengah pandemi yang terjadi, Indonesia terus berjuang keras. Sebab banyak sekali efek yang dirasakan oleh masyarakat, terutama sisi ekonomi.  Apalagi bagi mereka yang bekerja mengandalkan pekerjaan harian, seperti pedagang kecil, pedagang kaki lima dan pekerja mikro lainnya.

Tentu mereka mengandalkan kerumunan dan keramaian agar bisa mendapatkan pembeli yang lebih banyak. Namun bagaimana ceritanya jika karena pandemi ini terjadi pembatasan dan pergerakan orang? Tentu sangat berefek bagi mereka semua. Meski kondisinya telah jauh berbeda dari yang sebelumnya, tidak sedikit para pedangan kecil yang terus berjualan demi mendapatkan peruntungan berharap ada pemasukan yang bisa dibawa pulang untuk kebutuhan keluarganya di rumah.

Tidak sedikit para pedagang kecil yang mengaku bahwa pendapatannya turun dratis dari yang sebelumnya. Hal ini juga dirasakan oleh seorang pedagang nasi goring yang biasa dipanggil Mang Toha. Sudah 20 tahun lebih dia berjualan keliling di Grand Prima Bintara, Bekasi.  Pria paruh baya dengan 3 anak ini mengontrak rumah kecil dengan uang sewa Rp 1,2 juta/bln yang berlokasi di gang sempit RW 05 Bintara.

Dari usahanya berjualan nasi goreng, Mang Toha mendapatkan omset kurang lebih Rp 300 ribuan/hari. Belum lagi dikurangi modal harian, Mang Toha hanya bisa membawa uang ke rumah sekitar Rp 100 ribuan. Tidak hanya menjual nasi goreng, pada sore hari dia menjadi tukang parkir di depan kios dekat rumahnya, serta menjalankan jasa mengantar anak sekolah dengan memakai motor adiknya.

Dampak dari merebaknya wabah corona membuat pria berusia 51 tahun ini menjadi semakin sulit berjualan.  Ditambah lagi, kios tempat dia jaga parkir pun akhirnya tutup juga karena tidak ada pelanggan.  Dan diliburkannya sekolah membuat dia tidak bisa mengantar anak pelanggannya seperti biasa ke sekolah.

Saat Kami berkunjung ke rumahnya dan bertemu dengan keluarga Mang Toha untuk memberikan dukungan agar Mang Toha dan keluarganya tetap semangat menjalani hari-hari di masa pandemi ini. Selain itu sekaligus untuk menyampaikan amanah dari para donatur sebesar Rp 500.000 karena kebahagian mereka adalah harapan kami.

Mari bersama kita bahu membahu untuk menopang ekonomi saudara-saudara kita di luar sana yang membutuhkan bantuan. Berapapun donasimu akan sangat berguna bagi mereka.

Donasi bisa disalurkan melalui:

https://donasi.ucareindonesia.org/bersama-lawan-corona/

atau melalui transfer ke:

BSM 7100 3000 14

Mandiri 167 000 2432 085

BNI Syariah 068 566 4701

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Tambahkan infaq Rp. 119 sebagai tanda donasi.

Contoh: transfer Rp. 1.000.119

Konfirmasi dan informasi ke

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. 0813 9555 5868

Informasi lengkap dan sapa kami melalui:

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : [email protected]

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316