3 Keutamaan Mengurus Anak Yatim
Berbagi dengan Anak Yatim

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Apa saja keutamaan mengurus anak yatim?

Para ulama sepakat bahwa anak yatim adalah anak yang belum baligh dan ditinggal meninggal oleh bapaknya. Ketika sudah baligh, tidak lagi disebut yatim. Islam menjanjikan keberuntungan yang berlipat ganda baik di dunia dan pahala Istimewa di akhirat. Mereka yang merawat anak yatim dan memiliki perhatian terhadap anak yatim, maka golongan tersebut akan mendapat kemuliaan dan kebaikan.

3 Keutamaan Mengurus Anak Yatim

3 Keutamaan Mengurus Anak Yatim

1.Keutamaan Mengurus Anak Yatim: Dimudahkan Segala Urusan

Dan di antara yang dijanjikan di dunia untuk yang ikut membantu dan mengasuh anak yatim maka orang tersebut akan dilancarkan urusannya dan akan dilembutkan hatinya. Jika hati seseorang keras maka itu adalah musibah. Untuk itu membantu anak yatim akan melembutkan hati seseorang.

  1. Sayangi anak yatim
  2. Usap kepalanya dengan penuh kasih saying
  3. Berikan makanan dari makananmu

Jika tiga ini dilakukan, maka ini akan melembutkan hati dan urusan akan tercapai.

Dalam suatu hadis yang diriwayatkan Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, “Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai serta tercapai hajat (keinginan) engkau, maka sayangilah anak yatim. Usaplah kepalanya, dan berilah ia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, maka hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai.”

“Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

2. Menjadi Sebab Allah Akan Menolong Hambanya

3 Keutamaan Mengurus Anak Yatim

Menolong anak yatim sama halnya dengan menolong sesama, karena mereka juga adalah manusia yang perlu mendapatkan rasa cinta dan kasih saying dari orang-orang di sekitarnya. Bagi orang yang menyayangi anak yatim dan menolong mereka, maka Allah SWT juga akan menolong hambaNya.

Dalam hadist disebutkan, artinya: “Allah akan menolong hambaNya selama hamba itu menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

3. Berdekatan dengan Rasulullah SAW di Surga

Keutamaan mengurus anak yatim lainnya adalah mendapat keuntungan di akhirat yaitu akan berdekatan dengan Rasulullah SAW di Surga

Bagi orang yang merawat anak yatim, maka di dalam surga akan bersisian dengan Rasulullah SAW ibaratnya sangat dekat. Seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah.

Rasulullah SAW bersabda: “Aku dan orang yang memelihara anak yatim itu akan masuk surga seperti ini,”. Nabi memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggang keduanya. (HR. Bukhari).

Baca juga: Jemput Kemuliaan dengan Jadi Orang Tua Asuh Yatim

Di antara Ciri Pendusta Agama: Menghardik Anak Yatim

3 Keutamaan Mengurus Anak Yatim

Di antara ciri-ciri orang yang mendustakan agama adalah orang yang menyia-nyiakan anak yatim, sebagaimana dalam surah Al-Ma’un ayat 1-2, artinya: “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak mengajak memberi makan orang miskin. Maka celakalah orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya, yang berbuat riya dan enggan (memberikan) bantuan.”

Maka itu dianjurkan berlemah lembut kepada anak yatim, menyayangi mereka dan membantu keperluannya. Karenanya, Islam memiliki ajaran untuk mengasihi anak-anak yatim. Maka mereka yang menolong akan mendapatkan keutamaan mengurus anak yatim.

Sahabat UCare, mari ambil peluang emas untuk kebaikan dunia dan akhirat mulai dari berbagi untuk kebutuhan anak yatim. Donasi terbaik untuk yatim melalui https://bantusesama.co/SedekahYatim

More
articles