7 Tips Sehat Ala Nabi Muhammad SAW
Rahasia Sehat dalam Islam

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

“Ingin hidup sehat? Sudah tahu tips sehat ala Nabi Muhammad SAW belum? Cari tahu yuk!”

Hidup sehat merupakan sesuatu yang diidam-idamkan setiap manusia. Berbagai pola dan cara kita mencari konsultasi dengan dokter ataupun ahli gizi. Padahal Rasulullah SAW juga adalah seorang dokter, hal ini dibuktikan dalam sebuah hadist.

Ada seseorang laki-laki menghadap Nabi Saw. Ia berkata, “Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya.” Nabi bersabda: “Minumkan ia madu.”

Orang itu datang untuk kedua kalinya. Nabi bersabda, “Minumkan ia madu.” Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga, Nabi tetap berkata: “Minumkan ia madu.”

Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: “Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga)”. Nabi bersabda: “Allah Mahabenar dan perut saudaramu itu dusta. Minumkan lagi madu.” Orang itu meminumkannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.” (HR  Bukhari dan Muslim).

Tips Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

TIPS SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW

Selain nabi SAW seorang dokter, ia juga bergaya hidup sehat. Selama ia hidup, Rasulullah SAW tidak pernah sakit. Gaya hidup sehat ini yang harusnya diikuti oleh umatnya. Tidak perlu mencari-cari lagi cara bagaimana hidup sehat.

Seperti apa sih, hidup sehat ala Rasulullah SAW? UCare Indonesia akan berikan tipsnya.

7 Tips Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

1.Sering berpuasa

Rasulullah SAW dalam sepanjang hidupnya sering melakukan puasa. Bahkan ada hadist yang mengatakan beliau SAW, sering mengganjal perutnya dengan batu.

Suatu ketika Rasulullah SAW menjadi imam shalat. Para sahabat yang menjadi makmum di belakangnya mendengar bunyi menggerutup seolah-olah sendi-sendi pada tubuh Rasulullah bergeser antara satu sama lain.

Sayidina Umar yang tidak tahan melihat keadaan baginda itu langsung bertanya setelah selesai sholat, ”Ya Rasulullah, kami melihat seolah-olah tuan menanggung penderitaan yang amat berat, apakah Anda sakit?” Namun Rasulullah menjawab, ”Tidak. Alhamdulillah, aku sehat dan segar.”

Mendengar jawaban ini Sahabat Umar melanjutkan pertanyaannya, ”Lalu mengapa setiap kali Anda menggerakkan tubuh, kami mendengar seolah-olah sendi bergesekan di tubuh tuan? Kami yakin engkau sedang sakit…”

Melihat kecemasan di wajah para sahabatnya, Rasulullah pun mengangkat jubahnya. Para sahabat amat terkejut. Ternyata perut Rasulullah yang kempis, kelihatan dililiti sehelai kain yang berisi batu kerikil untuk menahan rasa lapar. Batu-batu kecil itulah yang menimbulkan bunyi-bunyi halus setiap kali tubuh Rasulullah bergerak.

Umar memberanikan diri berkata, ”Ya Rasulullah! Adakah bila Anda menyatakan lapar dan tidak punya makanan, lalu kami hanya akan tinggal diam?”

Rasulullah menjawab dengan lembut, ”Tidak para sahabatku. Aku tahu, apa pun akan engkau korbankan demi Rasulmu ini. Tetapi apakah yang akan aku jawab di hadapan Allah nanti, apabila aku sebagai pemimpin, menjadi beban bagi umatnya?”

Para sahabat hanya tertegun. Rasulullah melanjutkan, ”Biarlah kelaparan ini sebagai hadiah Allah buatku, agar umatku kelak tidak ada yang kelaparan di dunia ini lebih-lebih lagi tiada yang kelaparan di Akhirat kelak.

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan untuk berpuasa senin, kamis, tiga hari di tengah bulan, di bulan sya’ban dan wajib di bulan ramadhan.

” Dari Usamah bin Zaid, ia berkata, ” Aku bertanya pada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, aku tak melihat engkau berpuasa dalam sebulan sebagaimana engkau lakukan di bulan Sya’ban.’ Rasulullah menjawab, ‘Bulan itu (Sya’ban) adalah bulan yang banyak orang lalai darinya, karena berada di antara bulan Rajab dan Ramadan. Pada bulan Sya’ban, amalan diangkat kepada hadirat Alloh, maka aku ingin amalanku diangkat selagi aku sedang berpuasa.”

2. Rajin menjaga kebersihan

TIPS SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW

Pada zaman dahulu orang eropa tidak pernah mandi. Maka terjadilah terjadilah wabah lepra di seluruh eropa.

Terjadinya wabah lepra dikarenakan masyarakat di sana belum mengenal mandi. Berbeda di zaman Rasulullah SAW yang sudah mengajarkan bagaimana membersihkan tubuh. seperti mandi, menggosok gigi.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw. bersabda:“Fitrah manusia ada lima, yaitu dikhitan (disunat), mencukur rambut kemaluan, menggunting (merapikan) kumis, memotong kuku (kuku tangan dan kaki), serta mencabuti bulu ketiak” (HR. Bukhari).

Rasulullah selalu bersiwak setiap hari Kamis atau Jumat. Beliau memotong kukur, mencukur rambut halus di pipi, memakai wewangian dan bersisir setiap hari.

Baca juga: Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah yang Perlu Kamu Coba!

3. Tidak mudah marah

Kestabilan emosi yang baik akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh. Begitu pun sebaliknya, bila seorang mudah marah maka akan muncul ketegangan otot, sakit kepala akibat stress bahkan juga dapat menimbulkan dampak negatif baik secara medis ataupun mental. Karenanya agar senantiasa sehat, maka upayakan untuk menahan nafsu amarah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, seorang lelaki berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berilah aku wasiat.” Beliau menjawab, “Janganlah engkau marah.” Lelaki itu mengulang-ulang permintaannya, (namun) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (selalu) menjawab, “Janganlah engkau marah.” (HR. Bukhari)

 

4. Cepat tidur dan cepat bangun

TIPS SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW

Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari kira-kira sesudah istirahat shalat Isya, yakni sekitar pukul 21.30 dan bangun pukul tiga pagi. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa tidur pada awal malam dan bangun pada akhir malam, lalu shalat. (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 1146 dan Muslim, no. 739]

5. Menjaga pola makan

Rasulullah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik dan ini terbukti secara ilmiah. Karenanya, Rasulullah SAW sangat berhati-hati dalam memakan sesuatu. Beliau juga teratur dalam mengatur pola makan agar terhindar dari penyakit. Rasulullah selalu makan secukupnya, tidak pernah berlebihan. Apalagi, makan minum berlebihdan dapat membuat kita lupa diri, bahkan bisa malas untuk beribadah.

6. Gemar berolahraga

TIPS SEHAT ALA NABI MUHAMMAD SAW

Olahraga memiliki manfaat penting untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu gaya hidup yang wajib ada agar tubuh tetap sehat, bugar dan kuat salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Tidak penting berapa lamanya, asalkan konsisten untuk menerapkannya. Nah, Rasulullah juga menganjurkan agar seorang muslim hendaknya gemar berolahrga.

 Rasulullah SAW. bersabda:

Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR. Sahih Bukhari dan Muslim)

7. Gemar berjalan kaki

Berjalan kaki dapat membuat berkeringat sehingga pori-pori tubuh terbuka dan melancarkan peredaran darah. Memang zaman sekarang yang serba ada kendaraan membuat Sebagian orang untuk lebih memilih naik kendaraan ketimbang berjalan kaki. Namun, di zaman Rasulullah berabda-abad yang lalu beliau dan para sahabat lebih sering berjalan kaki atau menggunakan hewan serperti unta dan kuda untuk menempuh jarak perjalanan yang cukup jauh. Namun untuk perjalan pendek, beliau senantiasa berjalan kaki. Seperti dari masjid ke rumah, dari rumah ke pasar, dan sebagainya. Dengan rutin berjalan kaki, maka otot-otot jantung bertambah kuat dan pastinya lebih sehat.  

Itulah tips sehat ala Nabi Muhammad SAW yang bisa sahabat coba bersama keluarga. Mudah-mudahan tidak hanya sehat jiwa raga, tapi semakin besar juga rasa cinta kita kepada sang teladan, baginda Rasulullah SAW. 

More
articles