6 Amalan Setelah Shalat yang Menambah Pahala
Doa Anak Saleh

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Agar menambah pahala, apalagi amalan setelah shalat yang bisa dilakukan?

Sesungguhnya hal ini telah dijawab dalam firmanNya yang tertuang dalam surah An-Nisa ayat 103.

Artinya: “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring…”

Dzikir, Amalan Setelah Shalat yang Menambah Pahala

Amalan Setelah Shalat

“Amalan yang utama dilakukan pasca shalat adalah dzikir. Bahkan dalam keadaan berdiri ataupun dalam keadaan duduk, atau bahkan dalam keadaan payah pun seperti sedang berbaring.” Nasihat ustadz Adi Hidayat.

Saking pentingnya dzikir bahkan Al-Quran seakan menggambarkan berbagai situasi seperti menekankan tentang pentingnya dzikir di setiap kondisi. Bahkan kalau bisa sambil berjalan sambil berdzikir. Bahkan dalam bekerja pun, juga tetap dianjurkan untuk berdzikir.

Dzikir adalah setiap aktivitas yang mampu untuk mengingatkan dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Kedua hal ini pasti akan menyatu, tidak akan berpisah. Orang yang ingat, pasti akan membuat dia dekat kepada Allah. Sehingga hubungannya dekat dengan Allah, maka ia dipelihara dari maksiat dan segala yang menyulitkannya dalam hidupnya. Maka mustahil orang yang berzikir, tapi bermaksiat.

6 Amalan Setelah Shalat yang Masuk dalam Katagori Dzikir

1.  Istigfar (Surat An-Nisa ayat 103)

Artinya: “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring.”

2. Bacaan Al-Quran (Surat Al-Hijr ayat 9)

Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

Baca juga: Keistimewaan Berinteraksi dengan Al-Quran

3.    Hafalan Al-Quran (Surat Al-Qamar ayat 17, 22, 40)

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17)

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 22)

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 40)

4.       Doa (Surat Al-‘Araf ayat 205)

Artinya: “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

5.       Shalat (Surat Taha ayat 14)

Artinya: “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.”

6.       Memperbanyak menyebut nama Allah atau dengan asmaul husna (Surat Al-Baqarah ayat 152)

Artinya: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

amalah setelah shalat

6 amalan setelah shalat ini, semuanya mengandung pahala yang luar biasa. Amalan ini dibawa aktivitas harian dari setiap muslim. Jika pasca shalat itu benar dzikirnya, maka setiap dan segala sesuatu yang dilakukan sang hamba bernilai dzikir di sisi Allah SWT.

Sahabat, mari kita jadikan amalan-amalan setelah shalat tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga hari-hari, waktu dan setiap detik yang kita lakukan bernilai sebagai ibadah di sisiNya.

More
articles